Maskot Merchandise Sari Kelapa Gresik
Merchandise Mascot Sari Kelapa Gresik
Bisnis kuliner yang cukup populer di Kabupaten Gresik adalah Sari Kelapa. Toko tersebut sudah mempunyai banyak karyawan untuk pengolahan bahan, proses produksi dan cabang toko di Gresik. Hal tersebut diperkuat dimana Sari Kelapa setiap harinya menjual 3000 pudak dan otak-otak bandeng makanan khas Kabupaten Gresik. Bisnis kuliner yang sudah lama berdiri sejak tahun 1969 dan bisa dikatakan senior dalam usaha kuliner di Kabupaten Gresik. Sari Kelapa telah memiliki beberapa tempat untuk produksi dan dua toko di Jalan Sindujoyo No. 113 dan Jaksa Agung No. 77 Gresik. Hasil produk Sari Kelapa makanan khas Kabupaten Gresik diantaranya pudak (sagu, putih, pandan), otak-otak bandeng, jenang jubung, jenang ayas, bandeng asap dan presto serta macam-macam keripik. Perancangan desain maskot Sari Kelapa dengan menggunakan merchandise sebagai promosi melalui konsep identitas visual memiliki daya tarik persuasif dalam promosi event tahunan Pasar Bandeng Kabupaten Gresik. Metode pembuatan maskot diawali dengan penelitian kualitatif dengan observasi lapangan melalui tahapan prinsip desain yaitu sketsa, tumbnail, eksperimen, dan eksekusi desain yang memasukkan unsur visual dari logo bentuk pudak toko Sari Kelapa. Dengan adanya event atau acara tahunan Kabupaten Gresik, tujuan hasil perancangan ini adalah (1) membuat ilustrasi maskot Sari Kelapa dengan ciri khas Kabupaten Gresik, (2) implementasi ilustrasi maskot ke produk merchandise. Hal tersebut selaras dengan Sari Kelapa, sebab tidak mempunyai maskot atau aksesoris souvenir merchandise yang akan lebih dikenali oleh customer. Kata Kunci: Maskot, Merchandise, Sari Kelapa
The culinary business that is quite popular in Gresik Regency is Sari Kelapa. The store already has many employees for material processing, production processes and a branch store in Gresik. This is reinforced where Sari Kelapa every day sells 3000 pudak and milkfish otak-otak, a typical food of Gresik Regency. A culinary business that has been around for a long time since 1969 and can be said to be a senior in the culinary business in Gresik Regency. Sari Kelapa already has several production sites and two shops on Jalan Sindujoyo No. 113 and Attorney General No. 77 Gresik. Sari Kelapa products, typical foods of Gresik Regency, include pudak (sago, white, pandan), milkfish brains, jenang jubung, ayas jenang, smoked milkfish and presto as well as various chips. The design of the Sari Kelapa mascot design using merchandise as a promotion through the concept of visual identity has a persuasive appeal in the promotion of the annual event Pasar Bandeng, Gresik Regency. The method of making mascots begins with qualitative research with field observations through the stages of design principles, namely sketches, thumbnails, experiments, and design executions that include visual elements from the logo of the Sari Kelapa shop pudak form. With the Gresik Regency annual event, the objectives of this design are (1) to create an illustration of the Sari Kelapa mascot with the characteristics of Gresik Regency, (2) to implement the mascot illustration to merchandise products. This is in line with Sari Kelapa, because it does not have a mascot or souvenir merchandise accessories that will be more recognizable by customers. Keywords: Mascot, Merchandise, Sari Kelapa