Pengaruh Gaya Hidup Sehat dan Citra Merek terhadap Preferensi Konsumen Minuman Ready to Drink (RTD).
The Effect of Healthy Lifestyle and Brand Image on Consumer Preferences of Ready to Drink (RTD).
Penelitian ini mengkaji dan menganalisis pengaruh gaya hidup sehat dan citra merek terhadap preferensi konsumen terhadap minuman siap saji. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen minuman siap saji, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya di kampus ketintang. Kategori minuman siap saji yang menjadi objek penelitian adalah Coca cola Zero Sugar dan Teh Botol Sosro Tawar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non propability sampling. Jumlah sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah 116 sampel menurut Machin dan Champbell 1987. Statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup sehat dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, maka produsen minuman RTD harus memperhatikan perubahan gaya hidup konsumen yang lebih sehat sehingga dapat memunculkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu juga harus meningkatkan brand image agar selalu menjadi pilihan konsumen minuman RTD.
This study examines and analyses the influence of a healthy lifestyle and brand image on consumer preferences for ready to drink. The population for this research is ready to drink consumers, students from the State University of Surabaya on the Ketintang campus. The categories of ready to drink that became the research object were Coca Cola Zero Sugar and Teh Botol Sosro Tawar. This study uses a quantitative approach with a sampling technique using a non probability sampling method. The number of samples used by researchers in this study was 116 samples according to Machin and Champbell 1987. The statistic used is multiple linear regression with the help of IBM SPSS Statistics 25.0. The results show that a healthy lifestyle and brand image positively and significantly affect consumer preferences. Based on these results, RTD beverage manufacturers must pay attention to changes in consumer lifestyles that are healthier so that they can bring up innovations to meet consumer needs. In addition, it must also improve its brand image so that it can always be an option for consumers of RTD drinks.