ABSTRAK
Dwi Cahyono. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing I : Prof. Dr. Kisyani, M.Hum. Pembimbing II : Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd
Berdasarkan hasil refleksi awal di kelas VI SDN Kalisari I/242 Surabaya, ditemukan permasalahan tentang pembelajaran menulis narasi. Permasalahan tersebut disebabkan karena guru belum optimal dalam memberikan pembelajaran yang dapat meningkatkan perbendaharaan kata siswa, akibatnya siswa kurang terampil dalam memilih kata dikarenakan perbendaharaan kata siswa yang terbatas. Guru juga belum optimal dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi, sehingga aktivitas siswa dalam berdiskusi masih rendah. Permasalahan ini didukung oleh hasil ketuntasan belajar klasikal siswa bahwa, 57,6% siswa belum terampil menulis narasi.
Rumusan masalah penelitian ini adalah cara meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VI SDN Kalisari I/242 Surabaya. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VI, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dengan media kartu kata, dan peningkatan keterampilan siswa menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dengan media kartu kata.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN Kalisari I/242 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitiatif dan kuantitatif.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa, aktivitas guru meningkat mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas. Siklus 1 aktivitas guru mencapai persentase 45%, meningkat pada siklus 2 menjadi 83,33%, Aktivitas siswa juga dapat mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas. Ketuntasan belajar klasikal siswa dalam menulis narasi siklus 1 tuntas 57,6%, meningkat pada siklus 2 menjadi tuntas 81,2%.
Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dengan media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis narasi siswa kelas VI SDN Kalisari I/242 Surabaya. Saran untuk perbaikan pembelajaran, guru perlu meningkatkan kemampuan mengelola kelas dan pemberian variasi penguatan untuk mengembangkan keberanian siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, maupun menyampaikan pendapat. Saran bagi siswa agar rajin berlatih menulis.
Kata kunci: concept sentence; kartu kata; keterampilan menulis; narasi
ABSTRACT Dwi Cahyono. 2015. The Implementation of Concept Sentence Cooperative Learning Model Type to Improve Narrative Writing Skills of Grade VI Elementary School Students. Postgraduate, Basic Education Study Program, Surabaya State University. Supervisor I: Prof. Dr. Kisyani, M.Hum. Advisor II: Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.PdBased on the results of the initial reflection in class VI SDN Kalisari I / 242 Surabaya, found problems about learning to write narration. These problems are caused because the teacher is not optimal in providing learning that can increase the vocabulary of students, as a result students are less skilled in choosing words because of the limited vocabulary of students. The teacher is also not optimal in providing opportunities for students to discuss, so that student activity in discussion is still low. This problem is supported by the results of students' classical learning completeness that, 57.6% of students are not yet skilled in writing narration.The formulation of this research problem is how to improve the quality of Indonesian language learning aspects of narrative writing skills in grade VI students of SDN Kalisari I / 242 Surabaya. The purpose of the study is to describe the implementation of Indonesian language learning aspects of narrative writing skills in grade VI students, describe the implementation of Indonesian language learning aspects of narrative writing skills through the application of cooperative learning concepts with sentence sentence type media, and increase the skills of narrative writing students through the application of cooperative learning models Type sentence concept with the word card media.This research is a classroom action research with stages of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted in two cycles, each cycle consisting of one meeting. The research subjects were teachers and students of grade VI SDN Kalisari I / 242 Surabaya. Data collection techniques using test and nontest techniques. Data analysis techniques using qualitative and quantitative descriptive analysis.From the results of the study note that, teacher activity increased to reach a very good category and declared complete. Cycle 1 teacher activity reached a percentage of 45%, increased in cycle 2 to 83.33%, student activity can also reach the excellent category and declared complete. The classical learning completeness of students in writing narrative cycle 1 was 57.6%, increasing in cycle 2 to 81.2% completion.The conclusion of this research is the cooperative learning model concept sentence type with the word card media can increase teacher activity, student activity, and narrative writing skills of students in grade VI SDN Kalisari I / 242 Surabaya. Suggestions for improving learning, teachers need to improve the ability to manage classrooms and provide variations of reinforcement to develop students' courage in asking, answering questions, and expressing opinions. Suggestions for students to be diligent in practicing writing.Keywords: concept sentence; word card; writing skills; narrative