Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas penggunaan booklet dalam pembelajaran model concept attainment pada perubahan materi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Penelitian kuasi eksperimen bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol. Rancangan yang digunakan adalah non-equivalent control grup design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan angket. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi booklet, RPP, soal pretest-posttest dan angket respon valid untuk digunakan. Berdasarkan keefektifan yang meliputi hasil pemahaman konsep IPA siswa dan angket respon didapatkan hasil data penelitian yang menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil pemahaman konsep IPA siswa antara kelas eksperimen dan kontrol dengan memperoleh nilai 0,002 < 0,05 sedangkan rata-rata n-gain didapatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 0,5 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,4 kategori sedang. Persentase rata-rata respon siswa sebanyak 88% setuju atau merespon positif terhadap pembelajaran yang diajarkan.
Kata kunci : booklet, pembelajaran model concept attainment¸ pemahaman konsep IPA
This study aims to describe the effectiveness of booklet use in model concept attainment learning on material change. The type of research used in this study was an experiment with a quasi experimental research aims to determine the causal relationship involving the experimental and control groups. The design used is the non-equivalent control group design.Data collection techniques include observation, tests and questionnaires to use. Based on the effectiveness that includes the results of understanding the students science concepts and response questionnaires, the results of research data show that there are differences in the average results of students understanding of science concepts between experimental and control classes by obtaining a value of 0.002 < 0.05 while understanding n-gain concepts science students in the experimental class increased by 0.5 with the moderate category and the control class by 0.4 in the moderate category. The average percentage of responses of students as much as 88% agreed or responded positively to the learning taught.
Keyword : booklet, learning model concept attainment, understanding the concept of science