Fanfiction as Literacy Practices in Rainbow Rowell's "Fangirl"
Identitas penggemar selalu dikaitkan dengan konotasi negatif, seperti aneh, orang kesepian yang obsesif, konsumen pasif, dan fanatik. Namun, akhir-akhir ini penggemar bukanlah konsumen pasif. Mereka terlibat dalam praktik-praktik literasi, salah satunya adalah memproduksi fanfiction. Artikel ini mengeksplor konstruksi identitas melalui fanfiction dari Cath Avery, karakter utama dalam novel "Fangirl" karya Rowell. Menggunakan New Literacy Studies sebagai lensa dan konsep figured worlds, artikel ini membuktikan bahwa fanfiction memungkinkan Cath untuk merekonstruksi identitas penggemarnya menjadi lebih positif dan kreatif sebagaimana ia menjadi seorang penulis terkenal di dunia maya. Selain itu, fanfiction juga menjadi pemberdayaan bagi Cath melalui identitas yang terpisah di kehidupan pribadinya. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa peristiwa literasi di dalam novel memperlihatkan konstruksi identitas dari Cath Avery. Ia membuat figured world yang baru dari sesosok penggemar menjadi lebih positif dari peristiwa dan praktik literasi. Kesimpulannya, Cath dapat mengkonfrontasi positional identity penggemar yang negatif dan menciptakan figurative identity melalui fanfiction sebagai praktik literasinya.
Fan identity is frequently associated with negative connotations, such as weird, obsessive loner, passive consumer, and fanatic. However, fans nowadays are not passive consumers. They engage in literacy practices, one of which is producing fanfiction. This paper explores identity reconstruction in fanfiction through Cath Avery, the main character in Rowell's Fangirl. Using New Literacy Studies as a lens and the concept of figured worlds, this paper argues that fanfiction enables Cath to reconstruct her fan identity into a more positive and creative one as she becomes a well-known writer in cyberspace. Moreover, fanfiction serves as empowerment for Cath through a separate identity in her personal life. The result shows that the literacy events in the novel reveal the identity reconstruction of Cath Avery. She creates a new-figured world of a fan into a more positive one from the literacy events and practices. It can be concluded that Cath confronts her negative positional fan identity and figures out her figurative identity through fanfiction as her literacy practices.