STUDI LITERATUR METODE BERMAIN UNTUK KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TUNAGRAHITA
LITERATURE STUDY: PLAY METHODS TO THE NUMERACY SKILL OF MENTALLY RETARDED STUDENTS
Siswa tunagrahita memiliki hambatan dalam intelektual, sehingga metode bermain sebagai salah satu untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermain untuk kemampuan berhitung siswa tunagrahita. Metode penelitian literatur review dengan sumber data yang diperoleh dari Google Scholar, garuda ristekdikti, SINTA, dan Elsevier untuk pengumpulan data. Data yang diperoleh melalui tahapan identifikasi masalah, penelusuran, pemilihan, analisis dan penyusunan artikel. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode bermain melalui tahapan memilih media untuk mengenalkan angka yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak, menyiapkan media untuk bermain mengenal angka, proses pembelajaran pendampingan guru untuk bermain mengenal angka dan bentuk penilaian autentik. Simpulan dalam penelitian ini bahwa, metode bermain dengan media kartu angka, dadu, dan karet gelang berpotensi untuk membelajarkan berhitung mengenal angka, membilang dan mengurutkan angka bagi siswa tunagrahita.
Kata Kunci: Tunagrahita, Berhitung, Metode Bermain
Mentally retarded students have intellectual disabilities so that the playing method can be applied in the numeracy learning. This study aims to describe the use of playing method for mentally retarded student’s numeracy skill. Literature review method with data sources used from Google Scholar, garuda ristekdikti, SINTA, and Elsevierfor data collection. The data obtained through the stages of problem identification, search, selection, analysis and compiling article. The data obtained were analyzed by qualitative descriptive techniques with the stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study showed that the playing method by selecting learning media for learn to recognize numbers according to the needs and characteristics children, preparing media for playing recognize numbers, learning process of mentoring teacher for playing with numbers and forms of authentic assessment. The conclusion of this study is the playing method with number card, dice and rubber band has the potential to teach counting, recognize numbers, counting and sort nuumbers.
Keywords: Mental Retardation, Numeracy, The Play Method.