ABSTRAK
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA SKETCHUP PADA MATERI PROYEKSI ORTOGONAL KELAS X DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Nama : Tyas Oky Purmadi
NIM : 14050534007
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan : Teknik Sipil
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup, rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup dan respon siswa terhadap metode tutor sebaya dengan media Sketchup.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi keterlaksanaan pembelajaran, teknik penilaian hasil belajar dan teknik penilaian respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil belajar siswa dan analisis hasil respon siswa.
Hasil penelitian didapat analisis uji hipotesis keterlaksanaan pembelajaran menghasilkan keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup dianggap terlaksana dengan baik (≥61%). Analisis uji hipotesis hasil belajar menghasilkan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMK 1 Negeri Sidoarjo setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup lebih besar atau sama dengan KKM ≥75 (≥75%). Analisis uji hipotesis respon siswa menghasilkan respon siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo setelah menggunakan metode tutor sebaya dengan media Sketchup menghasilkan respon yang baik (≥61%). Jadi, pelaksanaan metode tutor sebaya dengan media Sketchup yang terlaksana dengan baik akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dengan respon minat yang baik pula dari siswa.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Media Sketchup, Menggambar Proyeksi Ortogonal
ABSTRACT
THE APPLICATION OF PEER TUTORING METHODS USING THE SKETCHUP MEDIA AT ORTHOGONAL PROJECTION IN CLASS X SMK NEGERI 1 SIDOARJO
Name : Tyas Oky Purmadi
Study Program : S-1 Building Engineering Education
Department : Civil Engineering
Faculty : Engineering
Name of Institution : State University of Surabaya
Proceptor : Krisna Dwi Handayani, S.T., M.MT., M.T.
This study aims to determine the implementation of learning using peer tutoring methods with Sketchup media, the average student learning outcomes after using peer tutoring methods with Sketchup media and student responses to peer tutoring methods with Sketchup media.
The type of research is used quantitative research. The population in this study were students of class X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo, while the sample in this study were 34 students of class X DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo. Data collection techniques used were learning implementation of learning observation techniques, learning outcome assessment techniques and student response assessment techniques. The data analysis technique used is the validation analysis of learning devices, analysis of the results of the implementation of learning, analysis of student learning outcomes and analysis of student response results.
The results of the study are the analysis of the feasibility hypothesis test of learning devices resulting in the feasibility of class X DPIB learning devices of SMK Negeri 1 Sidoarjo using peer tutoring methods with Sketchup media considered very feasible or feasible (≥61%). Analysis of the learning feasibility hypothesis test resulted in the learning implementation of class X DPIB students of SMK Negeri 1 Sidoarjo after using the method of peer tutoring with Sketchup media was considered well implemented (≥61%). The analysis of the hypothesis of learning outcomes results in the learning outcomes of class X DPIB SMK 1 Negeri Sidoarjo after using the peer tutoring method with Sketchup media greater or equal to KKM ≥75 (≥75%). The hypothesis test analysis of students' responses resulted in the response of class X students of DPIB SMK Negeri 1 Sidoarjo after using the peer tutoring method with Sketchup media producing a good response (≥61%). So, the implementation of peer tutoring methods with well-implemented Sketchup media will get better learning outcomes with the response of good interests from students.
Keywords : Peer Tutor, Media Sketchup, Orthogonal Projection Drawing