Menguak Minat Beli Kosmetik Halal Oleh Well-Educated Milenial: Peran Knowledge, Religiosity, dan Attitude
Revealing Well-Educated Millenials’ Purchase Intention on Halal Cosmetics: The Role of Knowledge, Religiosity, and Attitude
Abstrak
Tujuan – Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mendiskusikan mengenai pengaruh knowledge, religiosity, dan attitude terhadap niat pembelian kosmetik halal pada wanita milenial muslim dengan latar pendidikan tinggi di negara dengan mayoritas muslim.
Desain/metodologi/pendekatan – Teknik judgemental sampling digunakan sebagai metode dalam pengambilan sample dengan menggunakan angket online. Sebanyak 223 responden didapatkan namun hanya 210 data yang bisa digunakan dari responden wanita muslim milenial yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi dengan usia minimal 21 tahun. Untuk mengetahui hubungan antara variabel tersebut maka analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur.
Findings – Hasil menunjukkan bahwa wanita muslim milenial dengan latar pendidikan tinggi secara positif memiliki niat pembelian terhadap produk kosmetik halal. Adanya tingkat kepercayaan terhadap agama dan informasi menengai produk kosmetik halal memiki pengaruh yang signifikan terhadap sikap dan niat pembelian mereka. Melalui pertanyaan terbuka juga menemukan bahwa banyak dari responden mengetahui adanya kosmetik halal melalui internet.
Implikasi Praktis – Meskipun penelitian ini dilakukan di negara dengan mayoritas muslim namun, masih banyak yang menggunakan kosmetik tanpa sertifikasi halal. Perlunya pihak pemasar untuk mengiklankan produk halal terutama secara digital.
Originality/Value – Penelitian ini berfokus pada perilaku konsumen terhadap produk kosmetik yang memiliki pertumbuhan yang sangat pesat di Indonesia yaitu produk kosmetik halal, serta penelitian ini juga berfokus pada generasi milenial yang merupakan kelompok usia dengan jumlah terbanyak. Sehingga, berdasarkan hal tersebut sangat penting untuk menjadi diskusi dalam pemasaran.
Keywords Halal, Cosmetic, Millenial, Attitude, Knowledge, Purchase Intention, Religiosity
Paper Type Research Paper
Abstract
Aim – This study aimed to analyze and discuss the influence of knowledge, religiosity, and attitude on well-educated Moslem women Millenials’ interests in buying halal cosmetics in a state with Moslem majority.
Design/Methodology/Approach – The judgemental sampling technique was applied to take samples by using an online questionnaire. 223 respondents were collected, yet, only 210 of well-educated Moslem women with minimum ages at 21 years old could participate. Data analysis was conducted using path analysis to see the correlation among variables.
Findings – The result found that well-educated Moslem women Millenials had a positive interest in buying halal cosmetics. Their belief level on their religion besides any information about halal cosmetics products brought a significant effect on their attitude and interests of buying. Through open questions, it found that most of the respondents knew halal cosmetics from the internet.
Research Limitation – This research only studies purchase intention. Future research can focus on purchasing decisions because of the number and ease of finding halal cosmetics brands in Indonesia.
Practical Implication – Although this study was conducted in a state with a Moslem majority, many people still used cosmetics with no halal certificates. Therefore, marketers should advertise their halal products, particularly through digital media.
Originality/Value – This study focused on consumers’ attitudes on rapid- growth cosmetics products in Indonesia, and it referred to halal cosmetics. Also, this study focused on millennials generation who had an age group with the most number. Therefore, it was necessary to put this issue into a marketing discussion.
Keywords – halal cosmetic; knowledge; millennial; purchase intention; religiosity.