MODEL PEMBIASAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA II PUNGGING MOJOKERTO
Character Habituation Model of Responsibility and Independence in Early Childhood TKN Pembina II Pungging Mojokerto
ABSTRAK
Ni’mah, Khoirun. 2022. Model Pembiasaan Karakter Tanggung Jawab dan Kemandirian Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina II Pungging Mojokerto. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M. Pd. dan (II) Dr. Eko Darminto, M. Si.
Kata kunci: Model pembiasaan karakter, Tanggung jawab, Kemandirian.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembiasaan yang digunakan oleh guru untuk pengembangan karakter kemandirian dan karakter tanggung jawab, bagaimana metode tersebut digunakan, perbedaan metode pembiasaan yang digunakan oleh guru, minat peserta didik ketika guru menerapkan metode pembiasaan, hasil penerapan metode pembiasaan, hambatan dalam penerapan metode pembiasaan pada anak di TKN Pembina II Pungging Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif disain kualitatif yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah guru, orang tua dan anak kelompok A di TKN Pembina II Pungging Mojokerto.
Hasil penelitian berdasarkan analisa data yang dilakukan peneliti yaitu, (1) Metode yang digunakan guru dalam mengembangkan karakter tanggung jawab dan kemandirian kombinasi dari beberapa metode. (2) Metode pembiasaan ini diimplementasikan pada kegiatan anak-anak yang berlangsung setiap hari di sekolah. (3) Dalam pengembangan karakter tanggung jawab dan kemandirian terdapat perbedaan metode. Pada pengembangan karakter tanggung jawab guru menggunakan metode pembiasaan secara rutinitas, kegiatan terprogram, kegiatan spontan dan keteladanan sedangkan pada pengembangan karakter kemandirian guru menggunakan metode pembiasaan dengan kegiatan terprogram dan kegiatan secara spontan. (4) Secara umum anak menyukai metode pembiasaan yang diterapkan oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan anak semangat dan antusias dalam menyelesaikan tugasnya. (5) Hasil penerapan metode pembiasaan ketika disekolah anak-anak mulai dibiasakan belajar bertanggung jawab dan mandiri ketika mengerjakan tugas tetapi ketika dirumah hal ini belum berjalan sepenuhnya terkadang anak masih dibantu orang tuanya. (6) Dalam penerapan metode pembiasaan terdapat beberapa hambatan. Pertama, sikap anak-anak usia prasekolah yang masih labil dan suka meniru. Kedua, perbedaan kemampuan dan perkembangan anak. Ketiga, lingkungan rumah anak-anak juga membentuk karakter anak, jika lingkungan rumah tersebut baik maka karakter anak juga akan baik begitu juga sebaliknya. Keempat, terbatasnya waktu pertemuan tatap muka dikarenakan adanya pandemic.
ABSTRACT
Ni’mah, Khoirun. 2022. Character Habituation Model of Responsibility and Independence in Early Childhood TKN Pembina II Pungging Mojokerto. Thesis, Program Studies of Basic Education for Early Childhood Education Concentration, Postgraduate Program, State University of Surabaya.
Advisor: (I) Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M. Pd. (II) Dr. Eko Darminto, M. Si.
Keywords: Character Habituation Model, Responsibility, Independence.
This study aims to describe the habituation method used by teachers to develop responsibility and independence characters, how the method is used, the difference of habituation method used by the teacher, students interest when the teacher applies the habituation method, the results in applies habituation method, the obstacles in applied habituation method for children at TKN Pembina II Pungging Mojokerto. This study uses a qualitative approach. The qualitative design used is descriptive. Data collection are using documentation, observation and interviews. Research subjects are teachers, parents and children of group A TKN Pembina II Pungging Mojokerto.
The results of the study are, (1) Methods which used by the teacher in developing responsibility and independence characters is a combination of several methods. (2) Habituation methods are implemented in children's every day at school. (3) In developing responsibility and independence characters, there are different methods used by the teacher. In developing responsibility character teacher uses routine activities, programmed activities, spontaneous activities and exemplary, while in developing independence character the teacher uses habituation method that is program activities and spontaneous activities. (4) In general, children like the habituation method which applied by the teacher. This is evidenced by the spirit and enthusiasm of children in completing their assignments. (5) The results of character habituation method in the school, children begin to be accustomed to learn to be responsible and independent when doing their assignments, but when at home this has not been fully implemented, sometimes children are still assisted by their parents. (6) There are several obstacles in applied character habituation model. First, the attitude of preschool children who are still unstable and like to imitate. Second, differences children's abilities and development. Third, the children's home environment also shapes the child's character, if home environment is good, the child's character will be good and if home environment is bad, child’s character will be bad. Fourth, limited time for face-to-face meetings due to the pandemic.