Transportasi adalah salah satu faktor penunjang perkembangan kota. Perkembangan moda transportasi umum di Kota Kediri khususnya angkot yang semakin lama semakin menurun eksistensinya. Pemerintah Kota Kediri yang bekerja sama dengan pihak DISHUBKOMINFO mengadakan program angkot gratis yang khusus untuk pelajar di Kota Kediri. Program angkot gratis ini belum diadakan evaluasi dari pemerintah karena banyak pelajar yang masih mengeluh tentang adanya beberapa sopir yang masih memungut biaya angkot. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan informasi pelaksanaan program angkot gratis serta keefektifan program angkot gratis bagi pelajar di Kota Kediri.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang nantinya akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pelajar yang menggunakan jasa angkot gratis, yang sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik skoring.
Hasil penelitian menujukkan pelaksanaan program angkot gratis untuk pelajar di dilaksanakan pada jam 05.30 – 07.00 untuk layanan di pagi hari, dan 12.00 – 14.00 untuk layanan di siang hari. Trayek yang digunakan untuk layanan program angkot gratis di Kota Kediri ini adalah A, B, F, dan G. Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk sopir adalah BBM 6 liter dan perawatan armada angkot. Sosialisasi melalui informasi yang tertera di papan informasi halte, radio local. Sosialisasi juga dilakukan melalui media online dan melalui website resmi Pemkot Kediri Kediri. Program angkot gratis di Kota Kediri dapat dikatakan efektif karena dilihat dari hasil skoring. Hasil skoring menunjukkan kategori efektif dengan jumlah skor 4652, meliputi jumlah penumpang di layanan pagi dan siang hari, biaya, sosialisasi program, persebaran penempatan halte, efisiensi waktu, keterjangkauan, fasilitas angkot, fasilitas halte, sikap sopir, efisiensi waktu dan biaya, sesuai tujuan, dukungan dari sekolah, dan minat penumpang angkot yang diperoleh dari hasil kuisioer yang diisi oleh pelajar sebagai sasaran utama program angkot gratis.
Kata Kunci: Efektivitas, Angkot gratis, Transportasi umum
Transportation is one of the factors supporting the development of the city. The development of public transportation modes in the City of Kediri, in particular public transportation which is increasingly decreasing its existence. The City Government of Kediri, in collaboration with DISHUBKOMINFO, organized a free public transportation program specifically for students in the City of Kediri. This free public transportation program has not been held by the government because many students still complain about the existence of a number of drivers who still charge angkot fees. The purpose of this study is to provide information on the implementation of the free public transportation program and the effectiveness of the free public transportation program for students in the City of Kediri.
This type of research is a survey research which will be analyzed using quantitative descriptive methods. The sample in this study were students who used free public transportation services, as many as 100 people. Data collection techniques using interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques in this study used a scoring technique.
The results of interviews with the Kediri DISHUBKOMINFO City explained the implementation of the free public transportation in Kediri City was auctioned and won by PT. TRANS SEMARANG. This free public transportation policy in Kediri City uses 6 liters of fuel subsidy and maintenance of the public transportation fleet. The socialization was carried out through the print media and through information contained on bus shelter information boards, local radios such as Radio Bonanca and Radio Andika. The socialization was also carried out through online media, both through the official website of the City Government of Kediri and other private online media in the City of Kediri which could be said to be effective from the results of the scoring. The scoring results show an effective category with a total score of 4652, including the number of passengers in the morning and afternoon services, costs, program socialization, distribution of bus stop placement, time efficiency, affordability, public transportation facilities, bus stop facilities, driver attitude, time and cost efficiency, according to destination , support from schools, and the interest of angkot passengers obtained from the quota results filled out by students as the main target of the free angkot program.
Keywords: Effectiveness, Free public transportation, Public transportation