Ristanti, Felisia . 2019. Pemanfaatan Sumber Belajar Google Classroom Pada Metode Blended
Learning Terhadap Kemampuan Berfiikir Kritis dan Hasil Belajar Kelas VII SMP
Xin Zhong Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tesis, Program Studi S2
Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing : (I) Prof. Dr.
Siti Masitoh, M.Pd, dan (II) Dr. Hari Sugiharto, M.Pd
Kata Kunci : Google
Classroom, Blended Learning, Berfikir Kritis, Hasil Belajar.
Penelitian ini
bertujuan menemukan pengaruh pemanfaatan Sumber Belajar Google Classroom
terhadap Kemampuan Berfikir Kritis yang meliputi : kemampuan menganalisis
argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan, serta memutuskan tindakan. Selain
itu juga menemukan pengaruh terhadap Hasil Belajar khususnya kemampuan kognitif
siswa kelas VII SMP Xin Zhong Surabaya pada mata pelajaran yang dilihat pada
hasil pretes dan postest.
Penelitian ini
dilaksanakan dengan 2 tahap, yaitu tahap awal dengan memberikan soal pretest
untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan soal posttest untuk melihat
kemampuan akhir siswa setelah mendapat perlakuan. Penelitian kuantitatif ini,
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa tes,
observasi, dan angket. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian
berjumlah 12 peserta didikyang diamati dalam waktu 1,5 bulan. Berdasarkan hasil
penelitian oleh validator ahli perangkat pembelajaran diperoleh kelayakan
sebesar 98,57% (sangat layak). Penilaian materi pada pemanfaatan google
classroom sebesar 87,77% (sangat layak). Penilaian keefektifan sumber belajar
google classroom sebesar 93,75% (sangat layak). Berdasarkan hasil pengolahan
data dengan menggunakan uji independent sample test, hasil nilai ketrampilan
berfikir kritis di kelas kontrol dan eksperimen yang dilakukan dengan melihat
hasil belajar peserta didik di atas T hitung > T Tabel , yaitu 12,615 > 1,717 , maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh pemanfaatan sumber belajar Google Classroom terhadap kemampuan
berfikir kritis siswa kelas 7C pada SMP Xin Zhong di Surabaya. Dari hasil
belajar siswa T hitung > T Tabel , yaitu 6,550 > 1,717 , maka dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan sumber belajar Google Classroom
terhadap hasil belajar siswa kelas 7C pada SMP Xin Zhong di Surabaya.
Berdasarkan
hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber belajar
google classroom memiliki pengaruh positif pada kemampuan berfikir krtis dan
hasil belajar.