ABS TRA K
Arif Sholahuddin . 201 8. Strategi
Pembelajaran Berbasis Gaya Kognitif @UnESa-GAIn untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep,
Kemampuan Memecahkan Masalah, dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar . Disertasi, P rog r a m S tudi P e ndidi ka n S a i ns, P a sca sa rj a na
Unive rs it a s Ne g e ri S ur a ba y a . P romotor: P rof . Dr . L e n y Yu a nit a , M. Ke s .
dan Kopromotor: Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
K at a- k at a kun c i : Strategi Pembelajaran
@UnESa-GAIn , penguasaan konsep IPA, kemampuan memecahkan masalah,
ke teram pil an pro se s
sains , gaya kognitif, perkembangan
kognitif
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
strategi pembelajaran berbasis gaya kognitif @UnESA-GAIn yang layak (valid, praktis dan efektif) digunakan untuk
meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan
proses sains siswa sekolah dasar.
Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian dan pengembangan Dick, Carey
& Carey. Validitas strategi pembelajaran dan perangkatnya dilakukan oleh 5
ahli dan seorang guru. Subyek uji coba adalah siswa kelas enam sekolah dasar di
Banjarmasin. Data kepraktisan dan keefektifan strategi pembelajaran masing-masing
dikumpulkan melalui observasi aktivitas pembelajaran di kelas dan tes terhadap
dampak instruksional pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dan kualitatif untuk menjelaskan kelayakan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran
dikatakan layak jika valid baik secara isi maupun konstruk (valid), guru dan
siswa dapat menerapkan dengan baik dalam pembelajaran serta tidak mengalami
kendala (praktis) dan dapat meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan
memecahkan masalah dan keterampilan proses sains minimal kategori sedang
berdasarkan skor n-gain menurut Hake
(efektif).
Penelitian ini menunjukkan bahwa s trategi
pembelajaran berbasis gaya kognitif @UnESA-GAIn
layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep, kemampuan memecahkan
masalah dan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar: (1) S trategi
pembelajaran sangat valid, baik dari segi isi (content validity ) maupun konstruks (construct validity ) (2) P erangkat
pembelajaran pendukung strategi pembelajaran yang digunakan valid hingga sangat
valid berdasarkan penilaian ahli dan praktisi (3) S trategi pembelajaran praktis digunakan baik oleh guru
maupun siswa: Guru dapat menerapkan strategi pembelajaran dengan sangat baik; Siswa dapat mengikuti pembelajaran IPA yang
menerapkan strategi
pembelajaran @UnESA-GAIn dengan baik.;
Guru dan siswa tidak mengalami kendala yang berarti dalam menerapkan strategi
pembelajaran di kelas. 4) S trategi pembelajaran efektif untuk meningkatkan penguasaan
konsep, kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses sains siswa
sekolah dasar. Penguasaan konsep, kemampuan memecahkan masalah, dan keterampilan
proses sains siswa meningkat secara bermakna dengan skor peningkatan masing-masing
dalam kategori sedang. Dampak pengiring strategi pembelajaran yang berupa keterampilan
sosial, perilaku berkarakter dan keterampilan psikomotorik mencapai kategori
baik. Siswa dengan gaya kognitif FI cenderung mencapai hasil belajar yang lebih
baik dibandingkan dengan siswa dengan gaya kognitif FD meskipun tidak dominan
pada seluruh aspek hasil belajar.
ABS TRA CT
Arif Sholahuddin . 201 8. The Cognitive Style-based Learning
Strategy @UnESa-GAIn to Increase Mastery of Concept, Problem Solving Ability
and Science Process Skills of Elementary School Students. Dissertation ,
S c ienc e Educa ti on Doctoral S tud y P ro g ra m, Postg raduate
of S ura b a y a S tate Unive rsit y . S upe rvisor s : P rof . Dr . L e n y Yu a nit a , M. Ke s .
and Co-supervisor: Dr. Z. A. Imam Supardi, M.Si.
K e y w or ds : @UnESa-GAIn learning
strategy , science, problem solving ability, mastery of science
concept, s c ienc e proc e ss sk il ls,
cognitive style, cognitive development.
This study aimed
to produce a cognitive style-based learning strategy @UnESA-GAIn that is feasible used (valid, practice and effective) to
increase mastery of concept, problem
solving ability and science process skills of elementary school students.
This study
applied research and development design of Dick, Carey & Carey. Validity of
the learning strategy and its tools were assessed by 5 experts and a teacher. The
research involve sixth grade of elementary schools of Banjarmasin. Practicality
and effectiveness data of leaning strategy was collected through observation of
classroom learning activities and tests to measure the instructional effects,
respectively. Furthermore, they were analyzed descriptively both quantitative
and qualitative to explain the feasibility of the learning strategy. Learning
strategy is feasible if it is valid either content or construct (valid),
teacher and student can apply well in learning and they do not face
significance obstacle (practice) and it can improve mastery of concept, problem
solving ability and science process skills minimal in moderate category based
on n-gain score according to Hake (effective).
This study showed that
the cognitive style-based learning strategy @UnESA-GAIn was feasible to be used to increase mastery of concept, problem solving ability and science
process skills of elementary school students: (1) The learning strategy was valid both content
and construct validity (2) Learning tools supporting the learning strategy were
valid to very valid based on the experts and teacher’s assessment (3) The learning
strategy was practically used by teachers as well as students: Teachers could
apply learning strategy excellently; Students could follow science lesson which
applied the learning strategy well; Both of them did not meet a significant obstacle
in implementing the learning strategy in classroom (4) The learning strategy was
effectively used to increase mastery of concept, problem solving
ability and science process skills of elementary school students.
The students’ mastery of
concept, problem solving
ability and science process skills increased
significantly with improvement scores in moderate category. The nurturance
effects of the learning strategy included social skills, character traits and
psychomotor skills achieved a good category. Students with FI cognitive styles
tend to achieve better learning outcomes than students with FD cognitive styles
although they were not dominant in all aspects.