Materi
sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu materi dalam pembelajaran
IPA yang cukup sulit untuk dipahami oleh siswa kelas V sekolah dasar. Oleh
sebab itu, dibutuhkan suatu media yang dapat membantu siswa dalam memahami
materi sistem peredaran darah manusia. Media yang dibutuhkan yaitu media visual
tiga dimensi yang dapat dibongkar dan dipasang kembali secara langsung oleh
siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kelayakan media yang telah
dikembangkan yaitu media bongkar pasang tiga dimensi sistem peredaran darah
manusia berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan keefektivan.
Metode yang
digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur
penelitian pengembangan diawali dengan tahap potensi dan masalah, pengumpulan
data, desain produk, validasi desain produk, revisi produk, uji coba produk,
revisi produk, dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas
V dari SDN Lakarsantri I Surabaya dan 34 siswa kelas Vdari SDN Lidah Wetan II
Surabaya.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria sangat valid/layak
digunakan dalam penelitian dengan perolehan persentase sebesar 98,88% untuk validasi
media dan 88,33% untuk validasi materi. Respon siswa terhadap media menunjukkan
bahwa siswa bisa menggunakan media dan tertarik terhadap media apabila
digunakan dalam pembelajaran. Media memenuhi kriteria sangat praktis untuk
digunakan dengan perolehan persentase sebesar 88% pada uji coba produk, dan
98,67% pada uji coba pemakaian. Keefektifan media dilihat dari hasil belajar
kognitif siswa untuk mengetahui pemahaman konsep materi sistem peredaran darah
manusia yang dimiliki oleh siswa. Ketuntasan belajar siswa secara menyeluruh
pada uji coba pemakaian memenuhi kategori sangat baik dengan persentase sebesar
85,29%. Pemahaman konsep siswa terhadap materi sistem peredaran darah manusia
memperoleh rata-rata skor gain ternomalisasi sebesar 0,77 sehingga peningkatan
pemahaman konsep siswa masuk dalam kategori tinggi setelah menggunakan media.
Maka dari itu, media bongkar pasang tiga dimensi sistem peredaran darah manusia
efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan , media
bongkar pasang tiga dimensi , sistem
peredaran darah manusia .