Kurikulum 2013 menjelaskan bahwa kegiatan dalam proses kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari media pembelajaran. Selama proses pembelajaran di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Krembung, sebanyak 25 siswa dari 36 siswa atau sekitar 69,4% melakukan kegiatan diluar pembelajaran dikarenakan tidak efektifnya proses pembelajaran yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya pemanfaatan media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran ekonomi yang dapat diterima oleh peserta didik secara positif dengan melakukan pengembangan media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi Edraw yang teruji layak digunakan serta mendapat respon positif dari siswa dan guru ekonomi. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Russer dan Molenda. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali yaitu uji coba kelompok kecil dengan siswa sebanyak 10 orang di kelas X MIPA 1 dan uji coba kelompok besar dengan siswa sebanyak 33 orang di kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan lembar validasi dari ahli materi serta ahli media, lembar pretest dan posttest, serta angket respon siswa.
Hasil penelitian ini diperoleh dari validasi ahli materi yang memperoleh skor 84% dengan kriteria sangat baik dan validasi ahli media memperoleh skor 85% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan untuk angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 83% dengan kriteria sangat baik dan pada uji coba kelompok besar, angket respon siswa memperoleh skor 80,5% dengan kriteria sangat baik. Kemudian untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 88% dengan kriteria sangat baik yang diukur melalui pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti berharap agar penelitian selanjutnya lebih menyempurnakan media yang telah dikembangkan sebelumnya.
Kata Kunci: Kurikulum 2013, media pembelajaran, Mind Mapping, Edraw.
In the 2013 curriculum explains that activities in the learning process can’t be separated from learning media. During the learning process in class X MIPA 3 Senior High School 1 Krembung, as many as 25 students from 36 students or around 69.4% did activities outside of learning due to the ineffectiveness of the learning process caused by several factors such as lack of media use. The purpose of this research to result economic learning media that can be accepted by students positively by developing mind mapping learning media assisted by the Edraw application which is tested worthy of use and gets a positive response from students and economic teachers. This learning media was developed with the ADDIE model proposed by Russer and Molenda. The trial was conducted twice, at the small group trials with 10 students in class X MIPA 1 and large group trials with 33 students in class X MIPA 3. The research instruments used the form review sheets and validation sheets from material experts and media experts, pretest and posttest sheets, and student response questionnaires.
The validation results of research from material experts score of 84% with very good criteria and the media experts validation scored of 85% with very good criteria. While for the questionnaire response of students in small group trials get score 83% with very good criteria and for the questionnaire responses of students in large group trials get scored 80.5% with very good criteria. Then for student learning outcomes increased by 88% with very good criteria measured by pretest and posttest. So that it can be concluded that the learning media developed are stated to be very suitable for use in the teaching and learning process. Based on the description, the researcher hopes that further research will further improve the media that has been developed previously.
Keywords: 2013 curriculum, learning media, Mind Mapping, Edraw.