ABSTRAK
STUDI KOMPARASI HASIL
BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT THEAMS ACHIEVEMENT DIVISION )
DENGAN PEMBELAJARAN METODE DISKUSI PADA
MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK TARUNA JAYA GRESIK
Nama :
Zulina Nahdliyatul Khoiriyah
Nim :
13080324069
Program Studi : S1
Pendidikan Tata Niaga
Jurusan : Pendidikan Ekonmi
Fakultas :
Ekonomi
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Novi Marlena,
S.Pd., M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar siswa menggunakan model pembelajaran STAD (Student Theams Achievement Division ) dan pembelajaran metode
diskusi pada amata pelajaran kewirausahaan.
Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan menggunakan desain Pretest
Posttest Control Group Design dimana tolak ukur perbedaan hasil belajar siswa
juga dilihat berdasarkan keaktifan dan kemandirian siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan
penggumpulan data menggunakan pretest
dan posttest pada kelas eksperimen
dan kontrol.
Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen
yang diberikan perlakuan dengan metode STAD lebih tinggi dibanding dengan kelas
kontrol yang diberikan pembelajaran metode diskusi. Berdasarkan analisis uji t
bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima karena t-test <
0,05 yaitu 0,00 < 0,05 dan thitung (22,224 dan 12,284) > ttabel
(1,73406). Dengan demikian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dimana
hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD lebih tinggi
dari hasil siswa kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi.
Kata
Kunci : STAD ( Student Theams Achievement Division ) , Metode Diskusi, Hasil Belajar