Intonasi Kalimat Tanya pada Iklan Edeka
Intonation of Interrogative Sentences in Edeka Advertisements
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola intonasi dan
bentuk aksen kalimat tanya pada iklan Edeka yang dianalisis
menggunakan teori Duden Grammatik 4. Intonasi berperan
penting dalam iklan verbal karena nada yang dihasilkan menjadi
perantara untuk menyampaikan makna kata atau kalimat kepada
penerima pesan yang menjadi latar belakang penelitian ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan metode simak catat. Data penelitian yang digunakan
adalah teks-teks verbal kalimat tanya bahasa Jerman pada iklan
Edeka yang didapatkan melalui youtube. Data tersebut dianalisis
melalui 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, pengklasifikasian
data, pendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menyimpulkan teks-teks verbal kalimat tanya bahasa
Jerman memiliki berbagai pola intonasi, yaitu LHH, LLH, LHLL,
LHLH, LHLHH, LHLHLH, dan LHLLHH. Selanjutnya, pola
intonasi tersebut dianalisis lebih dalam untuk pengklasifikasian ke
dalam bentuk aksen kalimat tanya. Hasilnya ditemukan data yang
diklasifikasikan fragen mit fallendem Akzent (H*L), fragen mit
Hochakzent (H*), fragen mit steigendem Akzent (L*H), dan fragen mit
Tiefakzent (L*).
Kata kunci: pola intonasi, aksen, bentuk aksen, iklan, kalimat tanya.
This study aims to describe the intonation patterns and accent
forms of interrogative sentences in Edeka advertisements which
are analyzed using Duden Grammatical theory 4. Intonation plays
an important role in verbal advertisements because the resulting
tone becomes an intermediary to convey the meaning of words or
sentences to the recipient of the message which is the background
of this research. . The research method used is descriptive
qualitative with note-taking method. The research data used are
verbal texts of interrogative sentences in German in Edeka
advertisements obtained through YouTube. The data was
analyzed through 4 stages, namely data collection, data
classification, data description, and drawing conclusions. The
results of the study concluded that verbal texts of interrogative
sentences in German have various intonation patterns, namely
LHH, LLH, LHLL, LHLH, LHLHH, LHLHLH, and LHLLHH. Furthermore, the
intonation pattern is analyzed more deeply to classify it into the
accent form of interrogative sentences. As a result, data was found
that classified fragen mit fallendem Akzent (H*L), fragen mit Hochakzent (H*), fragen mit
steigendem Akzent (L*H), and fragen mit Tiefakzent (L*).
Keywords: intonation patterns, accents, accent forms,
advertisements, interrogative sentences.