Saat ini banyak organisasi yang memerhatikan kondisi keselarasan strategi bisnis dengan strategi teknologi informasi (TI), khususnya organisasi – organisasi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung tujuan bisnisnya. Begitu juga PT. Pos Indonesia sebagai badan usaha milik negara yang bergerak di bidang logistik yang memanfaatkan teknologi informasi dalam setiap proses bisnisnya. Bahkan pada kondisi saat ini teknologi informasi mempunyai peranan penting untuk meningkatkan keunggulan bersaing organisasi.
Penilaian kesesuaian strategi bisnis terhadap strategi teknologi informasi di PT. Pos Indonesia menggunakan model yang diperkenalkan Luftman yaitu SAMM (Strategic Alignment Maturity Model). Penilaian keselarasan strategi bisnis dan teknologi informasi menggunakan enam kriteria yaitu Communication, Competency/Value Measurement, Governence, Partnership, Scope & Architecture, Skills.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan memberikan rekomendasi pengukuran kompetensi teknologi informasi yang lebih berkesinambungan dengan proses bisnis, efektifitas dalam penerapan tata kelola teknologi informasi, relasi bisnis dengan teknologi informasi yang terkelola, perencanaan ekosistem teknologi informasi yang berkesinambungan dan terstandarisasi, serta SDM yang berkompeten dalam bidang teknologi informasi.
Kata Kunci : Keselarasan Strategi Bisnis, Strategi TI, Luftman’s SAMM
Today many organizations pay attention to the conditions of alignment of business strategies with information technology (IT) strategies, especially organizations that use information technology to support their business goals. Likewise PT. Pos Indonesia as a state-owned enterprise engaged in logistics that utilizes information technology in every business process. Even in the current condition of information technology has an important role to improve the competitive advantage of the organization.
Appraisal of business strategy suitability to information technology strategies at PT. Pos Indonesia uses the model introduced by Luftman, namely SAMM (Strategic Alignment Maturity Model). Assessment of business strategy and information technology alignment uses six criteria, namely Communication, Competency / Value Measurement, Governence, Partnership, Scope & Architecture, Skills.
With this research, it is expected to provide recommendations for measuring information technology competencies that are more sustainable with business processes, effectiveness in the application of information technology governance, business relations with managed information technology, sustainable and standardized information technology ecosystem planning, and competent HR in technology information.
Keywords: Alignment of Business Strategy, IT Strategy, Luftman's SAMM