Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja di SMP Ar-Rudho Jakarta Timur
The Relationship Between Self-Concept and Assertive Behavior in Adolescents at Ar-Rudho Junior High School, East Jakarta
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terdapat hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada remaja di SMP Ar-Rudho Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/siswi kelas 7 hingga 9 berjumlah 156 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner berupa instrumen skala konsep diri dan skala perilaku asertif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji korelasi pearson product-moment dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu menunjukan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang asrtinya terdapat hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada remaja. Nilai koefisien korelasi yang telah didapat sebesar 0,704 (r=0,704) dapat diartikan sebagai hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada remaja memiliki kategori kuat. Artinya, semakin tinggi konsep diri pada remaja , maka semakan tinggi pula perilaku asertifnya, demikian juga sebaliknya
This study aims to determine the relationship between self-concept and assertive behavior in adolescents at Ar-Rudho Junior High School, East Jakarta. This study used a quantitative correlational method. The sample used in this study was all students in grades 7 to 9 totaling 156 people. The sampling technique used is random sampling. The data collection technique used in this study was a questionnaire using self-concept scale instruments and assertive behavior scales. The data analysis used in this study used the Pearson product-moment correlation test with the help of SPSS 25.0 software for Windows. The results of data analysis in this study showed a significance of 0.000 (p < 0.05), which is a relationship between self-concept and assertive behavior in adolescents. The value of the correlation coefficient that has been obtained of 0.704 (r = 0.704) can be interpreted as a relationship between self-concept and assertive behavior in adolescents, which has a potent category. That is, the higher the self-concept in adolescents, the higher the assertive behavior, and vice versa.