ABSTRAK
Agustin, Felza Wiranadya. 2019. Implementasi Lesson Study Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas Sebelas di MAN 1 MOJOKERTO. Advisor: Drs. Fahri, M.A.
Di sekolah-sekolah Indonesia, bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran paling penting untuk diajarkan di dua tingkat kelas, khususnya di sekolah menengah atas. Sayangnya, belajar bahasa Inggris merupakan tantangan karena bahasa Inggris tidak digunakan terutama oleh siswa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari mereka. Siswa mungkin memiliki kemampuan berbeda dalam menguasai bahasa Inggris. Dengan demikian, guru memiliki peran penting dalam membantu siswa belajar bahasa. Pengembangan profesional guru diperlukan karena guru membutuhkan cara alternatif untuk melaksanakan pembelajaran di kelas dengan metode pengajaran yang lebih efektif dan inovatif. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan mudah dan efektif. Lesson study dikenal luas sebagai salah satu teknik terbaik dalam melanjutkan pengembangan profesional. Lesson study menawarkan guru strategi untuk menemukan proses belajar-mengajar yang baik melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, merealisasikan tahap, dan merefleksi tahap.
Dalam hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan lesson study dalam pengajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas sebelas dan bagaimana respon guru terhadap implementasinya. Subjek penelitian ini adalah semua guru bahasa Inggris yang mengikuti lesson study. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif sebagai metode pengumpulan data. Sementara itu, teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Oleh karena itu, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah catatan lapangan dan panduan wawancara. Berdasarkan data, hasil menunjukkan bahwa guru menerapkan semua tahap dalam pelajaran pelajaran, meskipun tidak sistematis. Selain itu, hasil wawancara menunjukkan bahwa Lesson Study bermanfaat bagi guru untuk membantu praktik mengajar mereka di kelas.
Agustin, Felza Wiranadya. 2019. The Implementation Of Lesson Study In English Language Teaching To Eleventh Graders In Man 1 Mojokerto. Advisor: Drs. Fahri, M.A.
In Indonesian schools, English becomes one of the most important subjects to be taught in two grades level, particularly in senior high school. Unfortunately, learning English is a challenge as English not primarily spoken by Indonesian students in their daily communication. Students may have different abilities in mastering the English language. By this case, the teacher plays an important role in helping the students learning the language. Teacher professional development is necessary since the teacher needs an alternative way to conduct the class with more effective and innovative teaching method. Hence, students can learn easily and effectively. Lesson study is widely known as one of the best technique in continuing professional development. It offers a teacher a strategy to find a good teaching-learning process through three stages namely planning stages, do stages, and see stages.
In this case, this study aimed to know how the implementation of lesson study in English language teaching for eleventh graders and what are the teachers’ responses towards its implementation. The subjects of this study were all of the English teachers joining lesson study. This study using qualitative design as a method for collecting the data. Meanwhile, the data collection techniques were observation and interview. Therefore, the instruments used to collect the data were field notes and interview guide. Based on the data, the result showed that the teachers implemented all the stages in lesson study, even though it is not systematically. Besides, from the interview result, it showed that lesson study is helpful for the teachers to assist their teaching practices in the classroom.