PENGEMBANGAN DOMINO PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN
THE DEVELOPMENT OF SMART DOMINOES TO IMPROVE LOGICAL THINKING SKILL OF CHILDREN AGED 4 - 5 YEARS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk media pembelajaran dengan konsep mengenal ukuran dan binatang beserta makanannya untuk anak TK A yang digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, dan tampilan dengan validasi ahli materi dan ahli media. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan literature review. Penelitian dan pengembangan (RnD) yang digunakan adalah model ADDIE, tetapi dalam penelitian yang dilakukan dalam artikel ini hanya menggunakan 3 tahap penelitian yaitu (1) Analisis (2) Desain dan (3) Development (Pengembangan). Untuk melengkapi penelitian ini, dilakukan kajian literatur yang merupakan suatu proses yang dilakukan dengan cara mengkaji secara kritis suatu pengetahuan atau temuan yang terdapat pada bagian literatur beorientasi akademikserta merumuskan kontribusi teoritis mengenai topik tertentu. Penelitian ini mengembangkan kartu domino menjadi kartu domino pintar yang berjumlah 60 kartu. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kartu domino pintar dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4 – 5 tahun. Hasil penelitian ini yang berasal dari hasil validasi oleh ahli media mendapatkan hasil 89% dengan kategori “Sangat layak/ tidak perlu di revisi”, dan hasil validasi ahli materi mendapatkan hasil 83% dengan kategori “Sangat layak/ tidak perlu di revisi”, ditambah dengan hasil kajian literatur sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran domino pintar layak digunakan sebagai media dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 4 – 5 tahun.
Kata Kunci: media kartu domino, kemampuan berpikir logis, kartu domino pintar
This study aims to determine the feasibility of developing learning media products with the concept of recognizing size and animals and their food for kindergarten A children who are used in the learning process. The feasibility of instructional media in terms of material, learning, and display aspects with the validation of the material experts and media experts. The method in this research is the method of research development and literature review. The research and development (RnD) used is the ADDIE model, but the research conducted in this article only uses 3 stages of research, namely (1) Analysis (2) Design and (3) Development. To complete this research, a literature review is carried out which is a process carried out by critically examining knowledge or findings contained in the academic-oriented literature section and formulating theoretical contributions on a particular topic. This study develops dominos into smart dominoes, totaling 60 cards. The purpose of the research in this article is to determine the feasibility of a smart domino learning media in improving logical thinking skills of children aged 4-5 years. The results of this study that came from the results of validation by media experts got 89% results with the category "Very feasible / do not need to be revised", and the results of the validation of material experts got 83% results with the category "Very feasible / do not need to be revised", coupled with the results of a literature study so that it can be concluded that the smart domino learning media is appropriate to be used as a medium in improving the logical thinking ability of children aged 4-5 years.
Keywords: domino card media, logical thinking ability, smart dominoes card