ABSTRAK
Elfidah, Qorny Rahmy . 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Berbantuan Teknik Mind Map Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN
Penambangan Sidoarjo. Tesis , Program Studi
Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dan (II) Dr. Ari Wahyudi, M. Si.
Kata-kata Kunci : Model pembelajaran STAD, mind map, aktivitas, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan mengkaji: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind
map terhadap aktivitas belajar peserta didik di kelas IV SDN Penambangan
Sidoarjo dan (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan
teknik mind map terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN
Penambangan Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitan
eksperimen dengan desain one grup pretest
posttest control group design . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumentasi, dan tes hasil
belajar. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh
model pemebelajarn kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map dilakukan
dengan menggunakan
uji t-test dengan bantuan software SPSS
25.00 for windows.
Hasil analisis data menunjukkan terdapat
perbedaan nilai yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar sebelum dan
sesudah diberikan treatment. Baik pada aktivitas maupun hasil belajar,
diperoleh nilai Posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Hasil uji-t
menghasilkan nilai t-tabel > t-hitung, dengan taraf signifikansi 0,05
diketahui nilai Sig.2 tailed sebesar
0,000<0,05 sehingga dinyatakan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan signifikan
hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada saat posttest.
Berdasarkan
hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map terhadap
aktivitas belajar peserta didik di kelas IV dan (2) terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan teknik mind map terhadap
hasil belajar peserta didik di kelas IV.