Implementation of E-LPPD Based on Metacognitive Strategy on Virus Topic
Virus merupakan salah satu materi pada mata pelajaran biologi. Pembelajaran biologi pada kondisi pandemi menuntut peserta didik untuk memahami materi dengan baik meskipun kegiatan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan juga perlu pengkondisian agar tetap berjalan dengan aktif dan bersifat student centered yaitu dengan penerapan Lembar Penilaian Pemahaman Diri (LPPD). LPPD yang telah dikembangkan dimodifikasi agar sesuai dengan proses pembelajaran jarak jauh sehingga dikemas dalam bentuk E-LPPD. E-LPPD ini merupakan implementasi salah satu strategi belajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu strategi metakognitif. E-LPPD yang digunakan pada materi virus ini terdiir dari E-LPPD Individu dan Kelompok. Dalam E-LPPD berisi pertanyaan terkait materi virus dan beberapa fitur diantaranya menentukan tingkat keyakinan, membandingkan konsep, dan menentukan skor. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh E-LPPD Berbasis Metakognitif pada Materi Virus terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan One group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan secara daring di SMA Negeri 1 Waru pada 25 peserta didik kelas X MIPA 4. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata keterlaksanaan 94,5% pada E-LPPD 1 dan 99,7% pada E-LPPD 2 dengan kategori sangat praktis. Respon peserta didik menunjukkan hasil yang positif yaitu 94,25% dengan kategori sangat efektif. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada hasil rata-rata N-gain score sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Ketuntasan indikator peserta didik meningkat sebesar persentase 69,3% yang termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata N-gain score sebesar 0,4 yang termasuk dalam kategori sedang. E-LPPD dinyatakan memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi virus.
Kata Kunci: E-LPPD, metakognitif, materi virus
Viruses are a topic in biology subjects. Learning biology in pandemic conditions requires students to understand the topic well even though learning activities take place remotely. The learning activities carried out also need conditioning so that they can continue to run actively and are student centered, namely by implementing the LPPD. The LPPD that has been developed is modified to suit the distance learning process so that it is packaged in the form of E-LPPD. This E-LPPD is an implementation of one of the learning strategies in accordance with the demands of the 2013 curriculum, namely the metacognitive strategy. The E-LPPD used in this virus topic consists of Individual and Group E-LPPD. The E-LPPD contains questions related to viral topic and several features including determining the level of confidence, comparing concepts, and determining the score. The reasearch was aimed to describe the effect of Metacognitive-Based E-LPPD on virus topic on student learning outcomes. This reseacrh used One group pretest-posttest design. The research was held online at 1 Waru Senior High School on 25 students of class X MIPA 4. The results showed that the average percentage of implementation was 94.5% in E-LPPD 1 and 99.7% in E-LPPD 2 with the very practical category. The response of students showed positive results, namely 88.4% with the very effective category. Student learning outcomes have increased which is shown in the average N-gain score of 0.5 in the medium category. Student completeness indicators increased by a percentage of 69.3% which was included in the good category with an average N-gain score of 0.4 which is included in the moderate category. E-LPPD is stated to have a positive effect on student learning outcomes on virus viruses. Keywords: E-LPPD, metacognitive, virus topic