Terdapat empat tahapan yang dilakukan pada penelitian
pengembangan diantaranya define, design, delevop, dan dessiminate sebagai
upaya untuk menghasilkan suatu produk berupa buku ajar berbasis
pendekatan saintifik pada mata pelajaran akuntansi perbankan dan keuangan
mikro SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan. Untuk mencapai tujuan tersebut
maka dimulai dengan melakukan studi pendahuluan yang terjadi di lapangan
dan kemudian akan dilanjutkan dengan pembuatan draf buku ajar. Buku ajar
kemudian ditelaah dan divalidasi oleh para ahli dan dilanjutkan dengan
melakukan revisi, perbaikan oleh peneliti untuk menghasilkan buku ajar yang
berkualitas. Tahapan validasi dilakukan secara teoritik dan empiris oleh para ahli. Para ahli yang
dimaksud adalah ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi untuk menunjang kegiatan pembelajaran khususnya di SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan.
Kualitas buku ajar dinilai berdasarkan atas kelayakan penyajian materi, kebahasaan, serta kegrafikan
dengan presentase masing-masing komponen yakni sebesar 93,56%, 92,37%, dan 98,1%.
Kata Kunci:
Buku Ajar, Pendekatan
Saintifik, Akuntansi
Perbankan