Penerapan Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Dengan Media SketchUp Pada Materi Pondasi Telapak
Application of Numbered Head Together Learning Model with SketchUp Media on Telapak Foundation Material
Pembelajaran merupakan sebuah tahapan kooperatif antara pendidik selaku fasilitator serta siswa aktif
dengan menggunakan aset yang ada untuk mempelajari suatu hal. Tiap ilustrasi akan selalu berbeda-beda
sesuai pada sasaran, topik, dan kualitas mahasiswa selaku subjek studi. Maka berdasarkan hal tersebut,
pendidik hendaknya merancang pembelajaran secara hati-hati selaku komponen kewajiban ahli pembelajar.
Metode penilaian artikel ini dilakukan dengan studi literatur terhadap beberapa hasil penelitian terdahulu.
Data yang diambil berupa hasil kelayakan dan hasil belajar siswa dari beberapa artikel atau jurnal.
Kemudian, dilakukan peninjauan kembali untuk mengetahui hasil perbandingan antara persentase
kelayakan dan perolehan hasil belajar dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan media
SketchUp dari beberapa hasil penelitian artikel atau jurnal. Tujuan penelitian berikut guna memutuskan
apakah model pembelajaran tipe Numbered Head Together mampu lebih mengembangkan hasil belajar
peserta didik pada kompetensi dasar Konstruksi Bangunan. Berdasarkan rapor pendidik semester genap
2021/2022, terdapat 37% siswa yang mencapai nilai diatas KKM dan 63% siswa yang belum meraih nilai
di atas KKM. Hasil penelitian menunjukan melalui penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Head
Together menggunakan media SketchUp mendapat rerata diatas KKM, hal ini ditunjukan dari tabel
pemenuhan pembelajaran siswa serta hasil perhitungan tes deskriptif (Uji Pihak Kanan). Faktor yang
membantu peningkatan hasil belajar siswa adalah validitas perangkat serta istrument ujian yang sudah diuji
dan hasil telah ditentukan dengan menggunakan uji validitas product moment.
Learning is a cooperative process between educators as facilitator and dynamic learners by using existing
assets to lear something. Each illustration will always be different according to the goals, topics, and
quality of student as study subjects. Therefore, eductors should design learning carefully as a component
of their expert obligation. The research method of this article was carried out by studying the literature on
some of the reult of previous research. The data teken is in the form of eligibility result and student
learning outcomes from several articles or jurnals. Then, a review was carried out to determine the result
of the comparrasion between the percentage of feasibility and acquistion of learning outcomes from the
control class and the experimental class in the use of media SketchUp from several research articles or
journal. The purpose of this study was to determine whether the Numbered Head Together learning model
could further develop student learning outcomes in basic building construction skills. Based on the
teacher’s report card for the even semester 2021/2022, there are 37% of students who achieve score above
the KKM and 63% of student who have not achieved score the KKM. The result showed that by using the
Numbered Head Together type of learning model with SketchUp media the average was above the KKM,
this was shown from the student learning fulfillment table ande the results of the calculation of the
descriptive test (Right Party Exam). Factors that help improve student learningn outcomes are the validity
of the devices and instruments that have been tested and the results have been determoned using the
product moment validity test.