Siswa Kelas X TPM tahun ajaran 2017-2018 di SMKN 1 Kalitengah Lamongan kesulitan dalam memahami proyeksi Orthogonal pada mata pelajaran gambar teknik sehingga masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, peneliti melakukan penerapan model pembelajaran tipe SAVI yang (Somatic, Audiotory, Visual, Intellectual) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM di SMKN 1 Kalitengah Lamongan. Ada 4 sintaks dalam model pembelajaran ini yaitu: 1) Somatic (belajar dengan bergerak dan berbuat); 2) Audiotory (belajar dengan mendengar dan berbicara); 3) Visual (belajar dengan mengamati dan menggambarkan); dan 4) Intellectual (belajar memecahkan masalah). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Kalitengah Lamongan yang berjumlah 32 siswa dan dilaksankan secara sikluistis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor kemampuan kolaborasi dan efektivitas pembelajaran, menyajikan data, dan menarik kesimpulan hasil belajar gambar teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa siklus I dan II masing-masing 64% dan 77% ; efektivitas pembelajaran siswa pada siklus I sudah mencapai indikator keberhasilan sebesar 67% ; dan hasil belajar siswa pada siklus yang sama masing-masing 62,5% dan 90,6%.
Kata Kunci: Somatic Audiotory Visual Intellectual (SAVI), Hasil belajar.
Student in class X TPM 2017-2018 academic year at SMKN 1 Kalitengah Lamongan have difficultyin understanding Orthogonal projections on subjects of technical drawing so that there are still many student who have not reached the KKM score. Therefore, research applied the type SAVI learning (Somatic, Audiotory, Visual, Intellectual) which aims to improve the learning outcomes of class X TPM students at SMKN 1 Kalitengah Lamongan. There are 4 syntaxes in this learning model, namely: 1) Somatic (learning by moving and acting); 2) Audiotory (learning by listening and speaking); 3) Visual (learning by observing and describing); and 4) Intellectual (learning to solve problems). The method of this research is class action research (CAR) with research subjects of class X TPM at SMKN 1 Kalitengah Lamongan totaling 32 students and carried out cyclically. Data collection in this study using observation, questionnaries, test. Data analysis with percentages carried out by calculating the collaboration ability score and the effectiveness of learning, persenting data, and drawing conclusions from the results of learning techniques drawings. The results of the study showed that the collaboration skills of students in cycles I and II were 64% and 77% respectively ; the learning effectiveness of students in the fisrt cycle has reached and indicator of succes of 67% ; and student learning outcomesin the same cycle were 62,5% and 90,6% respectively.
Keywords: Somatic Audiotory Visual Intellectual (SAVI), Outcomes Learning.