MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REFRAMING
IMPROVING CONFIDENCE THROUGH INDIVIDUAL COUNSELING SERVICES USING REFRAMING TECHNIQUES
Peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah memberikan dampak negatif bagi peserta didik sebab akan menghambat peserta didik untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik berasal dari kelas VII yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Penentuan subjek pada penelitian ini berdasarkan hasil dari wawancara dengan guru BK dan peserta didik serta didukung dengan hasil observasi. Hasil dari wawancara dan observasi langsung pada peserta didik menunjukkan beberapa perilaku seperti peserta didik tidak dapat menyampaikan pendapatnya yang disebabkan karena adanya pemikiran negatif pada peserta didik seperti saat mereka menyampaikan pendapat pasti salah. Peserta didik tidak berani untuk tampil didepan umum karena adanya pemikiran negatif seperti teman sekelasnya akan mencemooh. Perilaku yang ditunjukkan disebabkan oleh adanya pikiran negatif yang timbul pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individu teknik reframing untuk meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik SMPN 1 Trowulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest-postest dan menggunakan analisis data uji t paired two sample colerations dengan two tail atau pengujian dua arah dengan Statistical Package of the Social Sciences (SPSS). Hasil dari penelitian terbukti dapat meningkatkan kepercayaan diri, pada awalnya konseli memiliki skor pre-test 42,39,40 kemudian pada saat post-test didapatkan skor 71,69,68, rata – rata peningkatan skor 29. Didukung dengan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan angka 0,000 yang tentunya lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat peningkatan saat sebelum dan sesudah diberikan konseling individu teknik reframing. Hasil dari peningkatan kepercayaan diri juga dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan bersosialiasi. Dengan diberikannya penelitian ini diharapkan peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, dapat meningkatkan kepercayaan dirinya.
Kata kunci: Kepercayaan Diri, Konseling Individu, Reframing
Students who have a low level of confidence have a negative impact on students because it will hinder students from increasing academic and non-academic achievements. This research is motivated by the presence of students from class VII who have a low level of confidence. Determination of the subject in this study was based on the results of interviews with counseling teachers and students and supported by observation results. The results of interviews and direct observation of students show some behaviors such as students not being able to express their opinions due to negative thoughts in students such as when they express opinions that must be wrong. Students do not dare to appear in public because of negative thoughts such as their classmates will scorn. The behavior shown is caused by negative thoughts that arise in students. This study aims to determine the results of the reframing technique of individual counseling services to increase confidence in students of SMPN 1 Trowulan. This study uses a quantitative approach to the pre-experimental method with a one group pretest-posttest design and uses paired two sample correlations t-test data analysis with two tails or two-way testing with the Statistical Package of the Social Sciences (SPSS). The results of the study proved to be able to increase confidence because the results of the data analysis carried out showed the number 0.000 which is certainly smaller than 0.05, so it can be concluded that there was an increase before and after being given individual counseling on reframing techniques. The results of increased confidence can also be seen from the behavior of students who are more active in teaching and learning activities and socializing. By giving this research, it is expected that students who have low confidence can increase their confidence.
Keywords: Confidence, Individual Counseling, Reframing