Proses untuk mempelajari keterampilan menulis biasanya memerlukan lebih banyak waktu dan butuh banyak pengetahuan dari pada skill lainnya. Keterampilan ini tidak bisa dengan mudah ditingkatkan; siswa perlu untuk belajar langkah demi langkah sebelum mereka bisa menyusun sebuah produk yang bagus dari penulisan mereka. Untuk mengatasi masalah ini, dari semua model pembelajaran, self-regulation diperlukan untuk semua tingkat pendidikan. Model pembelajaran self-regulated dikenal sebagai prognosticator penting dari motivasi dan kinerja akademik siswa. Ini adalah model dasar untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dengan cara yang lebih mudah. Proses ini menantang siswa untuk mandiri dalam merencanakan, memantau, dan menilai proses belajar untuk memahami keterampilan mereka, menggunakan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas hasil akademik mereka, dan mengevaluasi kemajuan belajar mereka sendiri. Namun, beberapa siswa sudah menggunakan strategi ini secara alami sebagai kebiasaan mereka.
Desain dari penelitian ini adalah penelitian eksperimental kuantitatif semu. Populasi adalah siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Mojokerto dan sampel adalah 32 siswa yang dipilih dengan cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes, dianalisis dengan paired samples t-test. Kemudian, ukuran efek dari pengobatan dihitung menggunakan perhitungan Cohen untuk menguji efek dari perlakuan terhadap skor post-test siswa.
Perhitungan menunjukkan bahwa model pembelajaran self-regulated memiliki pengaruh besar pada teks menulis deskriptif siswa. Sejalan dengan data yang dianalisis, ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan skor yang lebih tinggi setelah mengoptimalkan model ini. Hal ini didukung oleh hasil paired sample t-test, ini menunjukkan bahwa nilai Significant (2-tailed) adalah 0,000, itu berarti bahwa hasil tes Levene signifikan (p> 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa model self-regulated mempengaruhi keterampilan menulis siswa pada teks deskriptif, yang berarti bahwa ketika siswa mengoptimalkan model ini pada proses belajar mereka, skor siswa meningkat. Selain itu, ini juga didukung oleh perhitungan Cohen's d untuk ukuran efek dari penelitian ini. Nilai Cohen d adalah 0,868 yang diklasifikasikan sebagai ukuran efek besar. Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran mandiri memiliki efek besar dalam meningkatkan teks menulis deskriptif siswa.
The process to learn writing skill usually takes more time and needs a lot of knowledge than any other skills. This skill cannot be easily enhanced; students need to learn step by step before they can compose a good product of their writing. To overcome this problem, among all of learning model, self-regulation is essential for all levels of education. Self-regulated learning model is known as an important prognosticator of the students’ academic motivation and performance. It is a basic model to help the students understands the materials better in an easier way. This process challenge students to be independent in planning, monitoring, and assessing their learning process in order to comprehend their skills, use learning approaches to elevate the quality of their academic outcomes, and evaluate their own learning progress. However, few students have already using this strategy naturally as their habit.
The design of this research is quasi quantitative experimental research design. The population was seventh grader of SMP Negeri 1 Mojokerto and the sample were 32 students selected by cluster sampling. The research instrument used was a set of tests, analyzed by paired samples t-test. Then, the effect size of the treatment was calculated using Cohen’s d calculation in order to examine the effect of the treatment towards students’ post-test scores.
The calculation showed that self-regulated learning model does have a large effect on students’ descriptive writing text. In line with the analyzed data, it represent that the students get higher score after optimizing this model. It is supported by the result of paired sample t-test, it shows that the Significant (2-tailed) value is .000, it means that the Levene’s test result was significant (p>.05). This result shows that self-regulated learning does influence students’ writing skill on descriptive text, meaning that when students optimizing this model on their learning process, the score of the students increases. In addition, it is also supported by the calculation of Cohen’s d for the effect size of this research. The value of Cohen’s d is 0.868 which classified as a large effect size. It can be stated that self-regulated learning model has a large effect in improving students’ descriptive writing text.