Penelitian pengembangan dilakukan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran flash materi sistem pertahanan tubuh yang layak secara teoritis dan empiris. Media flash merupakan suatu media yang dapat memvisualisasikan sesuatu yang bersifat abstrak, tidak dapat diamati secara langsung menjadi konkrit dan nyata. Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE yang terdiri dari enam tahap pengembangan. Uji coba dilakukan terbatas pada 25 siswa di SMA Wachid Hasjim Sidoarjo. Berdasarkan hasil kelayakan secara teoritis dan empiris, media flash pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan layak digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan media secara teoritis meliputi kelayakan materi. Kelayakan materi masuk dalam kategori layak dengan mendapatkan nilai sebesar 3,3. Sedangkan kelayakan secara empiris meliputi respon siswa dan uji keterbacaan dengan diagram fry masuk dalam kategori layak dengan mendapatkan persentase kelayakan 78,8% dan kategori keterbacaan menunjukkan hasil media yang layak digunakan untuk kelas XI SMA. Berdasarkan hasil uji kelayakan teoritis dan empiris media flash materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan untuk kelas XI SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Media Flash, Sistem Pertahanan Tubuh
The research development was carried out aimed at producing flash learning media that were suitable for theoretical and empirical body defense systems. Flash media is a media that can visualize something that is abstract, cannot be observed directly to be concrete and real. The development model used is ASSURE which consists of six stages of development. The trial was carried out limited to 25 students in Wachid Hasjim Senior High School Sidoarjo. Based on the results of theoretical and empirical feasibility, flash media growth and development in plants is suitable for use in learning. Media feasibility theoretically includes the feasibility of material. The feasibility of the material included in the feasible category by getting a value of 3.3. While empirical feasibility includes student responses and readability tests with fry diagrams included in the feasible category by getting a percentage of eligibility 78.8% and the readability category shows the results of media that are suitable for use in class XI. Based on the results of theoretical and empirical feasibility tests of flash media material growth and development in plants for class XI is feasible to be used in the lerning process.
Keyworsds: Flash Media, Body Defense System