Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Tunarungu pada Aljabar: Unsur dan Operasi Bentuk Aljabar
Deaf Students Understanding Math Concepts in Algebra: Elements and Algebraic Operations
Kemampuan pemahaman konsep matematika menjadi tujuan pembelajaran matematika di sekolah yang harus dicapai oleh siswa, tidak terkecuali siswa tunarungu. Salah satu konsep yang wajib dikuasai adalah unsur dan operasi bentuk aljabar karena merupakan materi dasar aljabar dan menjadi prasyarat untuk materi-materi berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagaimana kemampuan siswa tunarungu memahami konsep matematika pada topik aljabar dalam materi unsur dan operasi bentuk aljabar menurut teori APOS. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kelas X. Subjek penelitian dipilih berdasarkan pertimbangan hasil nilai terbaik dalam tes, kemampuan komunikasi dan informasi dari guru sekolah yang mengetahui karakter siswanya dengan tujuan memungkinkan interaksi yang baik antara peneliti dan subjek. Instrumen penelitian menggunakan tes dan wawancara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa tunarungu belum mampu menjelaskan unsur-unsur dan operasi bentuk aljabar secara langsung dengan benar; 2) Siswa tunarungu dapat menyelesaikan sebagian masalah aljabar menggunakan sifat-sifat operasi aljabar dari tes yang diberikan, tetapi siswa tidak memberikan respon ketika diminta menjelaskan hasil kerja siswa dalam menyelesaikan permasalahan mengenai sifat-sifat operasi aljabar; 3) Siswa tunarungu tidak memperhatikan nilai negatif pada suatu suku dalam memilah dan mengelompokkan unsur-unsur aljabar. Dalam menghadapi masalah pengelompokkan unsur-unsur aljabar, siswa tunarungu tidak menyederhanakan bentuk aljabar terlebih dahulu untuk kemudian memilah dan mengelompokkan unsur-unsur aljabar; 4) Siswa belum mampu mengaplikasikan operasi bentuk aljabar. Siswa tunarungu juga hanya menyebutkan dan tidak dapat menjelaskan contoh masalah kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan konsep unsur dan operasi bentuk aljabar.
The ability to understand mathematical concepts is the goal of learning mathematics in schools that must achieved by students, including deaf students. One of the concept that must be mastered is the elements and operating algebraic because it is basic algebraic and prerequisite forthe next chapters. The purpose of this study was to provide an overview of how the ability of deaf students to understand mathematical concepts on algebraic topics in elemental material and algebraic operations according to APOS theory. The subject of this study was a deaf student in class X. The research subjects selected were deaf and hard of hearing students with the aim of enabling good interaction between the researcher and the subject. The research instrument used tests and interviews. The method used in this research is an exploratory descriptive method with a qualitative approach. The results of the study indicate that: 1) Deaf students can’t explain the elements and operations of algebraic directly correctly; 2) Deaf students can solve some algebraic problems using the properties of algebraic operations from the given test, but students do not respond when asked to explain students' work in solving problems with the properties of algebraic operations; 3) Deaf students do not pay attention to negative values in a tribe in sorting and classifying algebraic elements. In dealing with the problem of algebraic elements, deaf students do not simplify algebraic forms first and then sort and classify algebraic elements; 4) Students have not been able to apply the operations of algebraic. Deaf students also only mention and cannot explain examples of everyday life problems that can be solved by utilizing the concept of elements and operations of algebraic.