Hakikat belajar ialah memperoleh pengetahuan melalui indra yang tersampaikan melalui rangsangan, kesan, tanggapan yang masuk dalam diri (Hamalik, 2013:37). Dalam upaya mengembangkan kemampuan belajar siswa, guru harus menyediakan lingkungan, suasana dan iklim pembelajaran yang menunjang (Mulyasa, 2007:162). Berdasarkan teori tersebut, maka peneliti akan mengujicobakan teori tersebut dengan memberikan gagasan penerapan musik Klasik dan musik Tradisi dalam pembelajaran matematika di kelas V guna memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Musik klasik yang digunakan adalah musik karya Wolfgang Amadeus Mozart dan musik tradisi Degung Sunda Jawa Barat dari album Sangkala (1996).
Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain The Static Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Laboratorium UNESA Ketintang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling untuk menentukan kelas yang akan digunakan sebagai eksperimen klasik dan kelas eksperimen tradisi yang selanjutnya diuji homogenitasnya. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa, yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Data tersebut akan diolah dengan statistik parametrik dan uji-t sampel berpasangan.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan diberikan treatment musik klasik dan musik tradisi. Kedua musik sama-sama memiliki pengaruh maka perhitungan n-gain digunakan untuk menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen musik tradisi yang lebih signifikan dibandingkan kelas eskperimen musik klasik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa musik tradisi memiliki pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan musik klasik terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci : Musik, Klasik, Tradisi, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar
The nature of learning is to acquire knowledge through the senses conveyed through stimuli, impressions, responses that enter within themselves (Hamalik, 2013: 37). As the effort to develop students' learning abilities, teachers must provide supported environment, atmosphere and climate of learning (Mulyasa, 2007: 162). Based on the theory, the researcher will try the theory by giving the idea of applying Classical music and Tradition music in mathematics learning at grade V in order to get the influence to improve student learning outcomes. Classical music that will be use is the music by Wolfgang Amadeus Mozart and the music of the West Java Degung Sunda tradition from the album Sangkala (1996).
This study used quantitatively approached by using experimental research methods with The Static Group Pretest-Postest Design. The study population was all students in grade V of the UNESA Ketintang Laboratory. The research sample was taken by using a random sampling technique to determine the class as a classical experiment and a traditional experiment class that use its homogeneity. The data used is student learning outcomes, which were obtained through pretest and posttest. The data will be processed with parametric statistics and paired sample t-tests.
The results of this study based on the t-test show that there is a significant effect on learning outcomes by giving classical music and traditional music treatments. Both music have the same effect, so the n-gain calculation is used to show that there is an increasing progress in learning outcomes at experimental class of traditional music which more significant than the classical music experiment class. Based on the results, it can be concluded that traditional music has a more significant effect than classical music on students' mathematics learning outcomes.
Keywords: Music, Classical, Tradition, Mathematics Learning, Learning Outcomes