Fenomena mengenai profesi guru dan hal-hal yang mempengaruhi tingkat minat mahasiswa untuk menjadi guru jurusan Pendidikan Sejarah cukup menarik untuk diteliti karena dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan alasan-alasan yang berbeda dari mahasiswa untuk menjadi guru. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar minat mahasiswa untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan nilai Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan menggunakan tabel dan presentase.
Hasil penelitian data angket menunjukkan bahwa minat terhadap profesi guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya berada dalam kategori berminat dengan presentase 38,14%, sedangkan hasil penelitian data dari rekapitulasi nilai mata kuliah kependidikan berada dalam kategori baik dengan presentase 75,25%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya berminat untuk menjadi guru, karena memang dari awal mereka sudah menyukai profesi guru, sehingga mahasiswa juga memiliki persepsi yang baik terhadap profesi guru, yang kemudian mereka menunjukkan sikap apabila menjadi guru nantinya, setelah itu mereka dapat menguasai mata kuliah kependidikan yang sudah ditempuhnya.
Kata Kunci : Minat, Profesi Guru
The phenomenon of the teaching profession and the things that influence the level of interest of students to become teachers of the History Education department are quite interesting to study because it can be known the influencing factors and the different reasons for students to become teachers. Therefore, the problem that will be examined in this study is how much students are interested in becoming teachers. This study aims to determine the interest in being a teacher in students of the Surabaya State University History Education Study Program.
This study uses a qualitative approach that produces descriptive data. The data collection techniques used were questionnaires and Student Study Card (KHS) grades. Data analysis techniques used are descriptive analysis techniques using tables and percentages.
The results of the questionnaire data show that interest in the teaching profession in Surabaya State University History Education students is in the category of interest with a percentage of 38.14%, while the results of data research from the recapitulation of educational subjects are in the good category with a percentage of 75.25% . So that it can be concluded that students of the Surabaya State University History Education program are interested in becoming teachers, because indeed they have liked the teaching profession from the start, so students also have a good perception of the teaching profession, which then shows attitude when they become teachers, after they can master the educational subjects they have taken.
Keywords: Interest, Teacher Profession