PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP
DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED MIND MAP LEARNING MEDIA
Matematika memiliki peran penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Salah satu materi pada pelajaran matematika adalah himpunan. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi himpunan dan mencapai tujuan pembelajaran, guru dapat menyampaikan suatu mtaeri tersebut dengan metode mind map sehingga peserta didik dapat ,lebih mudah memahami materi tersebut dan guru dapat menggunakan alat bantu yaitu media pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi media pembelajaran adalah aplikasi e-learning berupa aplikasi berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi himpunan dengan metode mind map yang berkualitas baik berdasarkan tiga kriteria, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan metode 4D yang terdiri atas empat langkah, yaitu define (pendefinisian), design (desain), develop (pengembangan), dan disseminate (penyerbarluasan). Pengembangan Media pembelajaran ini menggunakan bantuan Adobe Flash Professional CS6.Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi, angket penggunaan media, dan angket respon peserta didik. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada 10 peserta didik kelas VII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android berkualitas baik, praktis dan efektif
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Himpunan, Mind Map
Mathematics has an important role for the development of science and technology. One of a material in math subject is Sets. To Enhancing the ability of learners in understanding ability the set material and achieve learning objectives, the teacher can convey the material using the mind map method so that students can understand the material more easily. the sets theory and achieving the learning target, teachers could use a device namely learning media. One of learning media’s innovation is android. Learning media could be packed in a form of android application. The research goal is developing a good quality android-based learning media of sets material based on three criteria, which are valid, practical, and effective. This research included in development research by using 4D method consist of four steps, which are define, design, develop, and disseminate. This learning media development is using Adobe Flash Professional CS6 support. The research instrument used includes validation sheet, media usage questionnaires, and students respond questionnaires. Learning media trials were done on ten 7 grade students of. The research result shows that android-based learning media have a good quality by achieving (1) validity score 2,75 by media expert and 3,276 by theory expert out of 4 as the maximum score so it is categorized as valid, (2) practicality percentage is 85,3% so it is categorized as practical, and (3) effectiveness percentage is 85,5% so it is categorized as effective.
Keywords: Learning Media, Android, Sets, Mind Map