Analysis of Discovery Learning Models as an Effort to Improve Understanding of The Concept Office Layout
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana model discovery learning mampu meningkatkan pemahaman konsep tata ruang kantor bagi peserta didik. Kompetensi dasar mengenai tata ruang kantor bertujuan untuk peserta didik dapat mengidentifikasi dan merumuskan masalah tata ruang kantor melalui pengumpulan data, mengolah data, kemudian mengkomunikasikan konsep dari tata ruang kantor. Dalam pelaksanaan pembelajaran mengenai tata ruang kantor, jika penyampaian materi hanya melalui model pembalajaran langsung dengan metode ceramah tidak cukup untuk memahami materi dan kurang merangsang keaktifan maupun kemampuan dari peserta didik. Model pembelajaran langsung dengan metode ceramah tidak sesuai dengan ketentuan dari kurikulum yang berlaku pada saat ini yaitu kurikulum 2013 revisi 2017 yang memfokuskan student centered. Sehingga perlu diterapkannya model yang berfokus pada peserta didik itu sendiri sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran agar dapat merangsang keaktifan, kemampuan, serta minat peserta didik dalam meningkatkan pemahaman konsep pada kegiatan belajar mengajar. Model discovery learning ini adalah model yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep dari tata ruang kantor, karena model tersebut bertujuan mengajak peserta didik lebih aktif dalam kegiatan belajar untuk mampu mengembangkan kreativitas dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan kritis dalam memecahkan masalah. Kompetensi dasar mengenai tata ruang kantor ini akan berguna bukan hanya di dunia kerja saja tetapi berguna juga untuk kehidupan sehari-hari. Dengan adanya tata ruang kantor dapat meningkatkan hasil kerja maupun kenyamanan bagi pegawai. Jenis penelitian ini adalah konseptual yang membuktikan jika model discovery learning adalah pilihan yang tepat sebagai upaya meningkatkan pemahakan konsep tata ruang kantor.
This article is aimed to analyze how the discovery learning model can improve students’ understanding of office layout concepts. Basic competence regarding office layout is aimed for students to identify and formulate office layout problems through collecting the data, processing the data, and communicating the concepts of office layout. In the implementation of office layout learning, material delivered thorugh a direct learning model with lecture method is difficult to understand and less stimulating the students’ activity and ability. The direct learning model with lecture method is not appropriate with the provision of the current curriculum, 2013 curriculum in 2017 revision which focuses on student centered learning. “Based on the current curriculum provision, learning model that focuses on the students themselves in the learning process is necessary to apply in order to stimulate the students’ activeness, abilities, and interests in improving the understanding of concept in the teaching and learning process.” The discovery learning model is the proper model to improve understanding of office layout concept, “because the model aims to stimulate the students to be more active in learning activities to develop creativity and ability to think rationally and critically in problem solving.” The basic competency regarding office layout will be useful not only in the workplace but also useful for daily life. The type of this research is conceptual which proves that the discovery learning model is the right choice as an effort to improve the concept of office layout.