Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar mengajar dengan cara tradisional. Pendidikan nasional dapat tercapai jika dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Masalah yang ada di Indonesia adalah lemahnya proses pembelajaran yang dikembangkan oleh guru karena guru kurang mendorong siswa agar lebih aktif. Maka guru dintutut untuk bisa lebih inovatif saat proses pembelajaran berlangsung. Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih senang dan tidak merasa bosan. Maka diciptakanlah suasana belajar sambil bermain dengan menggunakan media Aksi Roda (Si Rotar). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA. Selain itu, bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas proses Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) Untuk Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA.
Penelitian dan pengembangan dalam pendidikan berawal dari adanya kebutuhan permasalahan yang membutuhan jalan keluar. Dengan menggunakan produk maka masalah akan teratasi. Pengembangan produk dalam penelitian ini berbentuk media pembelajaran dengan menggunakan tahapan-tahapan menurut Sadiman. Sumber data dalam penelitian adalah peneliti, sumber data dalam kevalidan adalah validator, sumber data dalam kepraktisan dan keefektifan adalah guru dan siswa. data penelitian diperoleh dari infromasi proses pengembangan media yang dianalisis sesuai dengan tahap perkembangan, informasi kualitas media dari validator, infromasi kepraktisan yang diperoleh dari angket respons siswa, informasi keefektifan yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta nilai tes hasil belajar. Teknik dalam pengumpulan data terdapat empat teknik yakni, angket, validasi, observasi, dan tes. Pada penelitian pengembangan media diperlukan instrumen penelitian yakni, lembar angket, lembar validasi, lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan teknik pengumpulan data dilakukan penganalisisan data yakni, angket untuk mengetahui kebutuhan siswa, validasi untuk mengtahui hasil kualitas media, observasi untuk mengtahui respons guru dan siswa saat menggunakan media pembelajaran, dan tes untuk mengukur kemampuan siswa.
Penelitian Pengembangan Media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) menunjukkan bahwa penelitian berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur tahapan pengembangan Sadiman. Sebelum melaksanakan penelitian, perlu bagi peneliti mengatahui kebutuhan siswa dengan menyebarkan angket. Menurut hasil angket kebutuhan siswa dan validasi media menyatakan bahwa pengembangan media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) layak untuk digunakan pembelajaran materi teks negosiasi. Media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan secara berkala karena hasil yang dapat diperoleh dari kualitas media yang terdiri dari kevalidan media, kepraktisan media, dan keefektifan media mencapai hasil yang baik.
Kata kunci: Pengembangan, Media Si Rotar, Teks Negosiasi
This research is motivated by teaching and learning process with a traditional way. National education is able to reach their goal, if in the teaching and learning process, they are able to develop the quality of the education. The problem in Indonesia is the lack of the teaching and learning process which is developed by the teachers because they get difficulty to push the students being an active. Accordingly, the teachers are demanded to be a creative and innovative in the teaching and learning process itself. By using media for teaching, the students will not get bored. That is why, teacher makes a media Aksi Roda (Si Rotar) to make the situation different. This research is to describe the quality and the process of developing the media Aksi Roda Berputar ( Si Rotar ) for teaching Students Negotiation Text grade X in high school.
The basic of having the research and developing of education is the necessity of going out of the problem. It will solve by using this product. According to Sadiman, developing of this product in this research is learning media form by using the steps. Data source in the research is researcher, data source of validation is validator, data source of practicality and effectiveness are teachers and students. The data source is obtained from information of the process of developing media which is analysed based on development step, information of quality of the media form is from validator, information of practicality which is obtained from students' questionnaire, information of effectiveness which is obtained from observation of the teacher and students' activity and also from result score. There are four techniques. They are questionnaire, validation, observation and test. The research instrument is needed on the research of developing media such as, questionnaire sheets, validation sheets, observation sheets and quizzes. Based on collecting the data, it is conducted by analyzing the data, i.e. Questionnaire for knowing students' need, validation for knowing the quality of media, observation for knowing the responds of the teacher and students while using that media, and quizzes to measure their ability.
This research shows that it works nicely and appropriate with the procedure of Sadiman step. Before conducting this research, the researcher needs to know the students' need through spreading the questionnaire. Based on the result of the questionnaire and validation of the media that developing of media Aksi Roda Berputar (Si Rotar) is proper to be used on negotiation text lesson. This media can increase the result of students' learning and be used periodically. It is because the result that is obtained from the quality of the media which contains of validation, practically, and effectiveness of the media can reach a good result.
Keywords: Development, Media Si Rotar, Negotiating Text