Implementation of STEAM Approach to Teach Collaboration Skills on Pollution Material in Junior High School
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design dengan rancangan one shot case study. Subjek yang dituju adalah peserta didik kelas VII dengan sampel kelas VII-C yang berjumlah 32 peserta didik di MTs Negeri 2 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi ketika proses diskusi pengerjaan LKPD dan (2) angket setelah pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh (1) keterampilan kolaborasi peserta didik pada pertemuan pertama adalah 68 yang menunjukkan kategori rendah, pertemuan kedua adalah 72 yang menunjukkan kategori sedang, dan pertemuan ketiga adalah 85 yang menunjukkan kategori tinggi (2) angket keterampilan kolaborasi peserta didik dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 85,1%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi pendekatan STEAM pada materi pencemaran lingkungan dapat melatihkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
Kata Kunci: keterampilan kolaborasi, pendekatan STEAM.
This study aims to describe the collaboration skills of students. The type of research used is descriptive quantitative with a pre-experimental design with a one shot case study design. The intended subjects were VII grade students with a sample of VII-C class totaling 32 students at MTs Negeri 2 Surabaya City. The data collection techniques used are (1) observation during the discussion process of working on LKPD and (2) questionnaire after learning. The results of the study obtained (1) the collaboration skills of students at the first meeting were 68 which showed a low category, the second meeting was 72 which showed a medium category, and the third meeting was 85 which showed a high category (2) the questionnaire of students' collaboration skills in the high category with a percentage of 85.1%. The conclusion obtained from this research is that the implementation of the STEAM approach on environmental pollution material can train students' collaboration skills.
Keywords: collaboration skills, STEAM approach.