Abstrak
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada hakikatnya adalah proses
pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan
holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta
emosional. Dalam proses pembelajaran terdapat model pembelajaran yang digunakan
untuk merancang materi belajar. Salah satunya adalah model Pembelajaran Aktif,
Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) yang bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan motorik siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PAKEM dalam pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan terhadap keterampilan motorik pada siswa kelas IV di SDN
1 Serut Tulungagung, 2) Untuk
mengetahui besar persentase pengaruh model pembelajaran PAKEM dalam pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan terhadap keterampilan motorik pada siswa kelas
IV di SDN 1 Serut Tulungagung. Berdasarkan
pada uji hipotesis pre-test dan post-test dari kelompok eksperimen jika
thitung >ttabel maka "Ha diterima" sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan. Pada tes kelincahan
memperoleh nilai 4,319 >1,708, tes koordinasi memperoleh nilai 2,775
>1,708, tes keseimbangan memperoleh nilai 1,315 >1,708, tes kecepatan
memperoleh nilai 2,665 >1,708. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam
pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan terhadap keterampilan motorik
Kata Kunci: aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, PAKEM,
keterampilan motorik