Manajemen Program Kelas Tauhid Sebagai Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Di Sma Lab School Upi Bandung
TAWHID CLASS PROGRAM MANAGEMENT AS AN EFFORT TO
DEVELOP RELIGIOUS CHARACTER EDUCATION AT UPI BANDUNG
LAB SCHOOL HIGH SCHOOL
ABSTRAK
MANAJEMEN PROGRAM KELAS TAUHID SEBAGAI UPAYA
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMA LAB
SCHOOL UPI BANDUNG
Nama : Lutfi Bayu Indarto
NIM : 20010714031
Program Studi : S1 Manajemen Pendidikan
Jurusan : Manajemen Pendidikan
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Supriyanto, S.Pd., M.Pd.
Kelas tauhid merupakan sebuah kelas yang dirancang khusus untuk
mengembangkan pendidikan religi yang bernuansa islam. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui manajemen dari kelas tauhid lewat 3 tahapan yaitu (1) Persiapan
Program Kelas Tauhid di SMA Lab School UPI Bandung; (2) Pelaksanaan Program
Program Kelas Tauhid di SMA Lab School UPI Bandung; (3) Evaluasi Program
Program Kelas Tauhid di SMA Lab School UPI Bandung dengan menerapkan
konsep pendidikan karakter religius. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif dengan sumber penelitian dari wawancara, observasi dan dokumentasi
serta menggunakan teknik analisis data yaitu kondensasi, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kelas Tauhid merupakan
kelas kolaborasi antara SMA Lab School UPI dan Pondok Pesantren Daurid Tauhid
dengan persiapan meliputi kurikulum, perancangan program dan persiapan fasilitas
penunjang; (2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas tauhid berbeda dengan kelas lain
karena berorientasi tentang pendidikan agama serta terdapat beberapa program
untuk pengembangan karakter religius peserta didik; (3) Evaluasi kelas tauhid
terbagi dalam 4 waktu yaitu harian, bulanan, semeseter dan tahun ajaran, evaluasi
ini kebanyakan berasal dari buku Mutaba’ah Yaumiyah serta hasil dari evaluasi ini
akan selalu disampaikan ke orang tua siswa untuk pengembangan pendidikan
karakter religius mereka di rumah.
Kata Kunci : Kelas Tauhid, Pendidikan Karakter Religius, Tauhid.
ABSTRACT
Name : Lutfi Bayu Indarto
Student ID : 20010714031
Study Program : S1 Education Management
Department : Education Management
Faculty : Faculty of Education
University : Surabaya State University
Supervisir : Supriyanto, S.Pd., M.Pd.
Tawhid class is a class specifically designed to develop religious education with
Islamic nuances. This study aims to determine the management of the Tawhid class
through 3 stages, namely (1) Preparation of the Tawhid Class Program at SMA Lab
School UPI Bandung; (2) Implementation of the Tawhid Class Program at SMA
Lab School UPI Bandung; (3) Evaluation of the Tawhid Class Program at SMA
Lab School UPI Bandung by applying the concept of religious character education.
This research uses qualitative research with research sources from interviews,
observations and documentation and uses data analysis techniques, namely
condensation, data presentation and conclusion drawing. The results of this study
are: (1) Tawhid class is a collaboration class between SMA Lab School UPI and
Daurid Tauhid Islamic Boarding School with preparations including curriculum,
program design and preparation of supporting facilities; (2) The implementation of
learning in the Tawhid class is different from other classes because it is oriented
towards religious education and there are several programs for the development of
students' religious character; 3) The evaluation of the Tawhid class is divided into
4 times, namely daily, monthly, semester and school year, this evaluation mostly
comes from the Mutaba'ah Yaumiyah book and the results of this evaluation will
always be submitted to the parents of students for the development of their religious
character education at home.
Keywords: Tawhid Class, Religious Character Education, Tawhid.