PERAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA
THE ROLE OF EXPLICIT INSTRUCTION IN IMPROVING LEARNING OUTCOMES IN CLOTHING EXPERTISE PROGRAM
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya metode pembelajaran yang dapat memudahkan guru untuk memaksimalkan daya aktif dan memaksimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Explicit Instruction dalam mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata Busana, mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata Busana. Artikel ini merupakan artikel studi literatur yang menelaah karya tertulis, 6 jurnal maupun sumber lainnya yang telah dipublikasikan. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menjelaskan, menganalisis, dan meringkas situasi, kondisi, dari data yang dikumpulkan. Berdasarkan beberapa penelitian metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap mata pelajaran produktif menyatakan metode pembelajaran tersebut dapat memaksimalkan hasil belajar siswa yang dibuktikan oleh salah satu jurnal yang menjadi sumber penelitian yaitu menurut Sidabutar (2014) sebelum menggunakan rata-rata nilai 59,82, setelah dilakukan penelitian diperoleh nilai pretest 83,35. Pada penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction terhadap mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata busana terdapat faktor yang mendukung yaitu siswa sangat antusias dengan pembelajaran, guru dapat menguasai siswa. Sedangkan faktor yang menghambat berjalannya penerapan metode tersebut yaitu guru harus memiliki suatu yang baru agar siswa tidak merasa bosan, dan guru harus mengusai materi. Dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa metode pembelajaran Explicit Instruction dapat memaksimalkan hasil belajar siswa pada beberapa mata pelajaran produktif peneliti menyarankan untuk menggunakan metode pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran produktif di SMK Program Studi Tata Busana.
This research is motivated by the existence of learning methods that can facilitate teachers to maximize active power and maximize student learning outcomes. This study aims to maximize student learning outcomes by applying the Explicit Instruction learning method in productive subjects at the Fashion Design Vocational High School, to find out the supporting factors and obstacles to the implementation of the Explicit Instruction learning method in productive subjects at the Fashion Design Study Program Vocational School. This article is a literature study article that examines written works, 6 journals and other published sources. The descriptive method used in this research is to explain, analyze, and summarize the situation, condition, from the data collected. Based on several studies of the Explicit Instruction learning method on productive subjects, it is stated that the learning method can maximize student learning outcomes as evidenced by one of the journals that became the research source, namely according to Sidabutar (2014) before using an average value of 59.82, after the research it was obtained the pretest score was 83.35. In the application of the Explicit Instruction learning method to productive subjects in the Vocational School of Fashion Studies Program there are supporting factors, namely students are very enthusiastic about learning, teachers can master students. While the factors that hinder the implementation of the method, namely the teacher must have something new so that students do not feel bored, and the teacher must master the material. With the results of research that proves that the Explicit Instruction learning method can maximize student learning outcomes in several productive subjects, the researcher suggests using the Explicit Instruction learning method in productive subjects in the Vocational School of Fashion Studies Program.