Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi ikatan kimia dan profil konsepsi peserta didik pada sub materi ikatan ion dan ikatan kovalen dengan Metode penelitian yang digunakan yakni research and development (R&D). Miskonsepsi pada peserta didik dideteksi dengan tes diagnostik three tier. Analisis data deskriptif digunakan untuk megetahui kelayakan dan profil konsepsi berdasarkan tingkat remidiasi miskonsepsinya. Hasil dari penelitian ini didapatkan kelayakan LKPD yang dinilai dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan serta profil konsepsi berupa tingkat remidiasi miskonsepsi. Kevalidan mendapat persentase sebesar 83,01% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan mendapat persentase sebesar 93,54% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan yang ditinjau dari nilai N-Gain score berada pada kategori tingkat tinggi dan sedang. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan layak, sehingga dapat digunakan untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi ikatan kimia. Pada profil konsepsi didapatkan tingkat remidiasi konsep pembentukan ion 0,7, konsep pembentukan ikatan ion 0,63, konsep sifat senyawa ionik 0,89, konsep pembentukan ikatan kovalen 0,75, konsep jenis ikatan kovalen 0,83, Konsep ikatan kovalen koordinasi 0,77
Kata kunci: remidiasi miskonsepsi, profil konsepsi, LKPD, conceptual change , ikatan kimia
This study aims to determine the feasibility of student worksheets (SWS) to remediate students misconceptions on chemical bonding material and the students conception profile on sub-material ionic bonds and covalent bonds with the research method used namely research and development (R&D). Misconceptions in students are detected by three-tier diagnostic test. Descriptive data analysis are used to determine the feasibility and profile of the conception based on remediation level of the misconception. The results of this study obtained the feasibility of SWS which assessed from the validity, practicality, and effectiveness also the conception profile. Validity gets a percentage of 83.01% with a very valid category. Practicality gets a percentage of 93.54% with a very practical category. Effectiveness in terms of the N-Gain score is in the high and medium level category. This shows that the SWS which developed are feasible, so it can be used to remediate students misconceptions on chemical bonding material well. In the conception profile, it is found that the remediation level concept of ion formation is 0.7, ion bond formation is 0.63, ionic compound properties is 0.89, covalent bond formation is 0.75, covalent bond type is 0.83, coordination covalent bond is 0 , 77
Keywords: Misconception Remidiation, Conception Profile, Student Worksheet (SWS), Conceptual Change, Chemical Bonding