Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, mendeskripsikan hasil belajar, dan mendeskripsikan respon siswa. Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis peningkatan hasil belajar, dan analisis respon siswa. Aspek keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari rata-rata persentase hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yaitu 96.2% dengan kategori sangat baik. Aspek peningkatan hasil belajar dengan pemberian pretest dan posttest yang kemudian dianalisis dengan uji N-gain sehingga diperoleh skor 0,59 dengan kategori sedang. Sedangkan pada aspek respon siswa ditinjau dari rata-rata persentase hasil observasi respon siswa yaitu 94% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan buku ajar berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar siswa MTs Darussalam Katimoho telah terlaksana dengan sangat baik.
Kata Kunci: hasil belajar, etnosains, pencemaran lingkungan
This study aims to describe the implementation of learning, describe learning outcomes, and describe student responses. This type of research uses Pre-Experimental Design. Data collection techniques using the analysis of the feasibility of learning, analysis of improving learning outcomes, and analysis of student responses. Aspects of the implementation of learning in terms of the average percentage of observations of the implementation of learning is 96.2% with a very good category. Aspects of improving learning outcomes by giving pretest and posttest which are then analyzed with the N-gain test in order to obtain a score of 0.59 in the medium category. While in the aspect of student responses in terms of the average percentage of observations of student responses is 94% with a very good category. The conclusion of this study shows that the application of ethnics-based textbooks to improve student learning outcomes of MTs Darussalam Katimoho has been very well implemented.
Keywords: learning outcomes, ethnoscience, environmental pollution