Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis REACT pada Materi Segiempat
Development Of Student Worksheets Based On REACT On Quadrilateral Material
Abstrak
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa mengalami kesulitan menyelesaikan masalah terkait bangun segiempat terutama layang-layang dan belahketupat. Salah satu strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah strategi REACT yang berfokus pada pengajaran dan belajar dalam prinsip konstruktivis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan lembar kerja siswa berbasis REACT pada materi segiempat yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) dengan desain One Shot Case Study. Subjek penelitian ialah 32 siswa kelas VII SMPN 1 Mojosari semester genap tahun ajaran 2019/2020. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid dengan rata-rata total kriteria kevalidan LKS untuk menemukan sifat-sifat, rumus keliling serta rumus luas belahketupat dan layang-layang berturut-turut yaitu 3,25; 3,71 dan 3,57. LKS juga sudah memenuhi kriteria praktis dan dapat digunakan dengan sedikit revisi serta rata-rata hasil analisis terhadap observasi keterlaksanaan pembelajaran yaitu 3,13. Lebih lanjut, LKS juga memenuhi kriteria efektif dengan hasil angket respon siswa tergolong kategori positif dengan persentase rata-rata sebesar 89,4 % dan persentase ketuntasan belajar klasikal atau hasil tes belajar siswa sebesar 78%. Sehingga LKS ini bisa digunakan sebagai salah satu sumber dan media pembelajaran oleh guru matematika SMP pada pembelajaran materi segiempat khususnya belahketupat dan layang-layang.
Kata Kunci: Lembar kerja siswa, segiempat, REACT
Abstract
Some studies have showed that students still struggle to solve problems involving quadrilaterals, particularly kites and rhombuses. One of learning strategy that can be used is REACT strategy, which emphasizes teaching and learning of constructivist principles, performs one of the suitable learning strategies. This research aims to describe the process of developing and producing REACT-based student worksheets which satisfy the following criteria: valid, practical, and effective. This study used the 4D model (Define, Design, Develop and Disseminte) and utilizing a One-Shot Case Study research design. The study involves 32 students of the grade VII of SMPN 1 Mojosari during the even semester of the academic year 2019-2020. Test, interview, questionnaire are utilized to obtain the data of this study. The results emphasize that the LKS is valid with the average total validity criteria for the LKS with respect to circumference and area formulas, as well as for rhombus and kite are 3.25; 3.71; and 3.57 respectively. The LKS satisfies the practical criteria with a few minor with the average score on the learning observation analysis is 3.13. Finally, The LKS fulfills also as the effective criteria with the student’s questionnaire responses indicate that the student response is positive with an average percentage of 89.4% and the percentage of classical learning completeness or student learning test is 78%. So that this LKS can be used as a source and medium of learning by junior high school mathematics teachers in learning quadrilateral material, especially rhombuses and kites.
Keywords: Student worksheet, quadrilateral ,REACT