Arif Riska Nurcahyo. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Digital pada Siswa Kelas V SDN Gubeng 1 Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd., dan (II) Dr. Agus Suprijono, M. Si.
Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis, Literasi Digital.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh: (1) model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Gubeng 1 Surabaya, (2) model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi digital pada siswa kelas V SDN Gubeng 1 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest postest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS 25.00 for windows.
Hasil dari analisis data menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, mengalami peningkatan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 26,57% dan kompetensi berpikir kritis tuntas 100%. Aspek kemampuan berpikir kritis yang meningkat tinggi adalah truth seeking, analyticity, systematicity, dan maturity. Pada kemampuan literasi digital nilai rata-rata meningkat 53% dan kompetensi literasi digital tuntas 50%. Peningkatan tertinggi pada kompetensi literasi digital, yaitu kompetensi literasi data dan informasi serta membuat konten digital. Hasil uji-t pada taraf signifikansi 0,05 pada kemampuan berpikir kritis dengan hasil Sig. 2 Tailed sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima yang artinya bahwa ada perbedaan signifikansi keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kontrol pada saat dilakukan postest atau sesudah dilakukan perlakuan. Pada kemampuan literasi digital hasil Sig. 2 Tailed sebesar 0,002 < 0,05 dan dapat dikatakan bahwa Ha diterima yang artinya bahwa ada perbedaan signifikansi kemampuan berpikir kritis dan literasi digital siswa kelas eksperimen dan kontrol pada saat dilakukan postestt atau sesudah dilakukan perlakuan.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Gubeng 1 Surabaya, (2) ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi digital pada siswa kelas V SDN Gubeng 1 Surabaya
Arif Riska Nurcahyo. 2019. Effect of Project-Based Learning Model on Critical Thinking Ability and Digital Literacy in Class V Students of SDN Gubeng 1 Surabaya. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate Program in Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd., And (II) Dr. Agus Suprijono, M. Si.
Keywords: Model Project-Based Learning, Critical Thinking, Digital Literacy.
This study aims to analyze the influence of: (1) project-based learning models on critical thinking skills in fifth grade students of SDN Gubeng 1 Surabaya, (2) project-based learning models on digital literacy skills in fifth grade students of SDN Gubeng 1 Surabaya.
This research is an experimental research design with pretest posttest control group design. Techniques for collecting data through observation and tests. Data analysis techniques to determine the effect of the project-based learning model using the t-test with the help of SPSS 25.00 for windows software.
The results of the data analysis showed that the experimental class using a project-based learning model, experienced an increase in the average value of critical thinking skills by 26.57% and critical thinking competencies completed 100%. The aspect of critical thinking ability that is high is truth seeking, analyticity, systematicity, and maturity. On digital literacy skills the average value increased by 53% and digital literacy competencies completed 50%. The highest increase in digital literacy competencies, namely data and information literacy competencies and digital content creation. The results of the t-test at the 0.05 significance level on critical thinking skills with the results of Sig. 2 Tailed is 0,000 <0,05, so Ha is accepted which means that there is a significant difference in the critical thinking skills of the experimental class and control students when done posttest or after treatment. On the digital literacy ability the results of Sig. Tailed 2 is 0.002 <0.05 and it can be said that Ha is accepted which means that there is a difference in the significance of critical thinking skills and digital literacy of the experimental and control students at the time of posttest or after treatment.
Based on the results of data analysis it can be concluded that: (1) there is the influence of the project-based learning model on critical thinking skills in fifth grade students of SDN Gubeng 1 Surabaya, (2) there is the influence of project-based learning models on digital literacy skills in fifth grade students of SDN Gubeng 1 Surabaya