MELATIH KECERDASAN KOGNITIF DAN AFEKTIF DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EDMODO
TRAINING COGNITIVE AND AFFECTIVE INTELLIGENCE WITH EDMODO-BASED ONLINE LEARNING MEDIA
Pandemi Covid-19 membutuhkan lebih banyak aktivitas di rumah dibandingkan di luar ruangan dalam setiap aspek kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Kebijakan pemerintah tentang penerapan proses pembelajaran dari rumah melalui pendidikan daring, sebagai bentuk upaya agar proses pembelajaran masih dapat dilakukan secara maksimal ditengah pandemi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah edmodo. Pada kenyataannya proses pelaksanaan pembelajaran daring membatasi aktvitas siswa dan hanya terfokus pada guru, sehingga peran siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Media digunakan untuk membantu guru meningkatkan kecerdasan siswa dan membuat proses pembelajaran lebih aktif, sehingga pengginaan media yang kurang tepat akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penggunaan media pembelajaran Edmodo dalam ranah kognitif dan afektif. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil telaah jurnal terdahulu menyatakan penggunaan media Edmodo sanggup tingkatkan hasil belajar kognitif dan afektif. Dalam ulasan ini, memberikan pengetahuan baru bagi guru dalam pengginaan media pembelajaran berbasis Edmodo dan mampu menjadi alternatif dimasa pandemi.
Kata Kunci : Pembelajaran daring, Edmodo, Kognitif, Afektif
The Covid-19 pandemic requires more activities at home than outdoors in every aspect of life, especially in the field of education. Government policy regarding the application of the learning process from home through online education, as a form of effort so that the learning process can still be carried out optimally in the midst of a pandemic. One of the media that can be used is Edmodo. In fact, the process of implementing online learning limits student activity and only focuses on the teacher, so that the role of students becomes passive in the learning process. Media is used to help teachers improve students' intelligence and make the learning process more active, so that the use of inappropriate media will get less than optimal results. Therefore, the purpose of this study is to determine the use of Edmodo learning media in the cognitive and affective domains. This research uses literature study method. The results of previous journal studies stated that the use of Edmodo media could improve cognitive and affective learning outcomes. In this review, it provides new knowledge for teachers in the use of Edmodo-based learning media and is able to become an alternative during the pandemic.
Keywords: Online Learning, Edmodo, Cognitive, Affective