Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan STEM, peningkatan keterampilan proses sains serta respon peserta didik. Jenis penelitian ini pre-experimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunakan 1 kelas implementasi dan 2 kelas replikasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis hasil pretest-posttest menggunakan uji-t berpasangan, n-gain, dan ANAVA, serta analisis respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh : (1) keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas memperoleh nilai 3,47 dengan persentase 86,75% dan dalam kategori baik, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest-posttest, peningkatan keterampilan proses sains dalam kategori sedang dengan nilai kelas XI IPA 1 sebesar 0,55, kelas XI IPA 2 sebesar 0,63, kelas XI IPA 8 sebesar 0,62 namun peningkatan nilai pada ketiga kelas tidak konsisten, (3) respon peserta didik mampu membentuk 3 faktor dan faktor keterampilan proses sains memberikan pengaruh terbesar dengan persentase 42,79 % dari total varians sebesar 59,09 %. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan STEM mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI pada materi pemanasan global di SMAN 1 Cerme
Kata kunci : Inkuiri terbimbing, Keterampilan proses sains, Pendekatan STEM.
This research aim to describe the implementation of guided inquiry learning use STEM approach, improve science process skill learners and response of learners. The type of this research is pre-experimental with one group pretest-posttest design use 1 implementation class and 2 replication class. Methods of data collection is observation, test, and questionnaire. Analysis the data used implementation sheet, t-pair test, analyze n-gain, ANOVA, and student response questionnaire. The result show that : (1) the implementation of guided inquiry in three class get value 3,47 with percentage 86,75% and included in good category, (2) there are significant difference between pretest-posttest, student science process skills increase in medium category, XI IPA 1 with a value of of 0,55, XI IPA 2 with a value of of 0,63, XI IPA 8 with a value of of 0,62 but the increase in there class is inconsistent, (3) Student response able to form 3 factors and science process skill factors give the greatest effect with percentage 42,79 % of a total variance of 59,09 %. Based on the results, it can be concluded that the implementation guided inquiry use STEM approach can improve science process skill of student in class XI SMAN 1 Cerme on global warming topic.
Keywords : Guided inquiry, Science process skill, STEM approach