THE CORRELATION BETWEEN STUDENT’S LEARNING STRATEGIES AND SCORES ON THE JAPANESE LANGUAGE PROFICIENCY TEST (JLPT) N3 LEVEL
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi belajar yang paling dominan diterapkan oleh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya dan mendeskripsikan hubungan antara strategi belajar tersebut dengan perolehan skor Japanese Language Proficiency Test (JLPT) tingkat N3. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sertifikat JLPT N3 bagi mahasiswa, baik sebagai tolok ukur penguasaan bahasa Jepang maupun sebagai penentu lintasan karir pasca-kelulusan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan melibatkan 26 mahasiswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh mahasiswa yang telah lulus tes JLPT N3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar ingatan adalah strategi belajar yang paling dominan diterapkan oleh mahasiswa, dengan jumlah 9 orang (35%) yang menggunakan strategi ini. Selain itu, ditemukan hubungan signifikan antara strategi belajar yang diterapkan dengan perolehan skor kelulusan pada tes JLPT N3. Kesimpulannya, strategi belajar memainkan peran penting dalam menentukan skor JLPT N3 mahasiswa, meskipun bukan satu-satunya faktor penentu. Calon peserta tes JLPT N3 harus mempertimbangkan berbagai faktor lain yang juga dapat mempengaruhi hasil ujian serta terus mengembangkan dan menerapkan strategi belajar yang efektif untuk mencapai hasil optimal.
The purpose of this study is to identify the most commonly adopted learning strategies among students in the Japanese Language Education undergraduate program at Surabaya State University and to clarify the relationship between these learning strategies and the scores obtained on the Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3 level. This study was conducted with the background that the JLPT N3 certificate is important for students not only as an indicator of Japanese language proficiency but also in determining their career paths after graduation. A quantitative method and correlation approach were used in this study, and a survey was conducted with 26 students. Data were collected from questionnaires filled out by students who passed the JLPT N3. The results of the study revealed that memory strategies were the most adopted by the majority of students (35%, 9 students). Additionally, a significant correlation was found between the learning strategies adopted by students and the passing scores on the JLPT N3 exam. In conclusion, while learning strategies play an important role in determining students' JLPT N3 scores, they are not the sole determining factor. JLPT N3 candidates need to consider other factors that influence their test results and continuously develop and practice effective learning strategies to achieve optimal results.