VALIDITAS E-BOOK DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU DAN KALOR
VALIDITY OF E-BOOK AND PHYSICAL LEARNING DEVICES BASED ON SCIENCE LITERACY ON HEAT AND TEMPERATURE TOPIC
Pada abad ke-21 perkembangan teknologi sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran, salah satunya dengan menggantikan buku cetak oleh e-Book. E-Book dapat digunakan sebagai sumber belajar yang interaktif karena dapat diintergrasikan dengan gambar, animasi, video, dan flash agar lebih menarik dan terlihat nyata. Dalam penerapannya, e-Book literasi sains yang dikembangkan juga perlu didukung dengan adanya perangkat pembelajaran yang mengcu pada e-Book tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan e-Book berbasis literasi sains.dan perangkat pembelajaran fisika terintegrasi e-Book. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE dengan analisis data deskriptif-kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kevalidan e-Book dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Book berbasis literasi sains sangat valid digunakan sebagai sumber belajar dengan persentase nilai validitas dari aspek media sebesar 92.98%, dari aspek materi sebesar 94.73%, dan persentase nilai validitas aspek bahasa sebesar 94.60%. Sedangkan hasil validitas perangkat pembelajaran fisika terintegrasi e-Book dinyatakan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Validitas perangkat pembelajaran tersebut meliputi validitas silabus sebesar 89.30%, validitas RPP sebesar 89.80%, validitas LKPD sebesar 91.00%, validitas lembar penilaian sebesar 88.00%. Dengan demikian, e-Book dan perangkat pembelajaran fisika berbasis literasi sains yang telah dikembangkan tergolong sangat valid untuk digunakan dalam mendukung pembelajaran.
Kata Kunci: Validitas, e-Book Literasi Sains, Perangkat Pembelajaran.
In the 21st century, technological development is very rapid. These technological developments can be used to support learning, one of which is by replacing printed books by e-books. e-Book can be used as an interactive learning resource because it can be integrated with images, animations, videos and flash to make it more interesting and real. In its application, the developed e-Book for science literacy also needs to be supported by integrated learning devices that refer to the e-Book. The purpose of this research is to describe the validity of e-Book based on science literacy and physics learning devices that integrated by e-Book. This study uses the development research ADDIE models with descriptive quantitative data analys, data collection techniques using validation sheets to determine the validity of e-books and learning devices. the results showed that e-Book based on science literacy is very valid as a source of learning with a percentage of validity values from the media aspect of 92.98%, from the material aspect of 94.73%, and a percentage value of the aspect validity languages by 94.60%.while the results of the validity of the integrated physics learning device e-Book are declared to be very valid in the learning process. The learning device validity includes the syllabus validity of 89.30%, the RPP validity of 89.80%, the LKPD validity of 91.00%, the validity of the assessment sheet of 88.00% . Therfore, e-Book and physics learning device based on scientific literacy that has been developed is very valid for use in supporting learning
Keywords: Validity, e-Book of Science Literacy, Learning Devices