Analysis Study of Effectivenes Ciscio Aspire Game Based Learning in Student of Computer and Network Academy Learning
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan media game Cisco Aspire Network Academy dalam materi Instalasi jaringan komputer. Game Cisco Aspire merupakan aplikasi permainan simulasi jaringan komputer berbasis game Role-Playing Game (RPG) yang bertujuan membantu pemakai dalam mempelajari materi jaringan komputer. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran berbasis Game Cisco Aspire dalam memahamami materi instalasi jaringan internet. (2) bagaimana minat siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis Game menggunakan aplikasi Game Cisco Aspire Network Academy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian statistik deskriptif pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest yang menggunakan 1 kelompok yang diberi pre-test terlebih dahulu kemudian setelah treatment atau penerapan model pembelajaran berbasis game dengan menggunakan aplikasi dan dilakukan post-test untuk mengetahui hasilnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa 100% berada diatas KKM dengan hasil signifikansi perbedaan value pretest dan posttest menggunakan uji T dibawah 0,05. Atau sig (2-tailed) berjumlah 0,00 dan lebih kecil daripada a (0,05) sehingga pembelajaran menggunakan game Cisco Aspire Network Academy memberikan dampak pada hasil belajar siswa,(2)Presentase minat siswa rata-rata sebesar 74.1% dan menunjukan minat siswa yang baik.
Kata Kunci : Game Cisco Aspire, Pembelajaran Berbasis Game, Role-Playing Game
This research is used to determine the effectiveness of learning with Cisco Aspire Network Academy gaming media in computer network installation materials. Cisco Aspire game is a computer network simulation game application based on Role-Playing Game (RPG) that aims to help users in learning computer network materials. The formulation of this research problem is: (1) how students learn using Cisco Aspire Game-based learning methods in understanding internet network installation materials. (2) how students are interested in implementing Game-based learning using the Cisco Aspire Network Academy Game app. This study uses a type of descriptive statistical research pre-experimental design with the form of one-group pretest-posttest that uses 1 group that is given a pre-test first then after treatment or application of game-based learning model by using the application conducted post-test to find out the results. (1) students' learning outcomes are 100% above KKM with the significance of differences in pretest and posttest values using T tests below 0.05. Or sig (2-tailed) amounts to 0.00 and is smaller than a (0.05) so learning using Cisco Aspire Network Academy games has an impact on student learning outcomes. (2) This study showed the percentage of interest of students on average by 74.1% and showed good student interest.