Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Otonomi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19
Environmental Factors Affecting Learners’ Autonomy in the Covid-19 Pandemic
Baru-baru ini, Covid-19 telah mengancam sektor pendidikan dan memaksa peserta didik untuk mengondisikan pembelajaran daring. Maka dari itu, peserta didik perlu belajar di ruang mereka sendiri dan membuat mereka lebih mandiri serta otonom. Namun, peserta didik cenderung mengalami kesulitan yang disebabkan oleh lingkungan sekitarnya yang terkadang tidak mendukung pembelajaran daring. Lingkungan sekitar termasuk aktivitas manusia misalnya kebisingan di sekitarnya; kemampuan finansial orang tua untuk paket data internet; atau masalah lain di luar kemampuan intelektual siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor lingkungan yang ada yang mempengaruhi lingkungan belajar dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan peserta didik. Penelitian ini telah menerapkan metode kualitatif dan menyajikan hasil yang dikumpulkan secara deskriptif. Peneliti telah bekerja sama dengan satu guru bahasa Inggris yang secara sukarela telah berpartisipasi dalam penelitian ini, serta ada 36 siswa di kelas 11. Penelitian ini telah menggunakan wawancara semi terstruktur dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Pertama, peneliti mengirimkan kuesioner menggunakan Google Form untuk 36 siswa kelas 11 SMA milik pemerintah di Surabaya. Kedua, peneliti mewawancarai seorang guru bahasa Inggris untuk mengetahui kondisi kelas. Penelitian ini telah mengungkapkan bahwa guru masih memegang tanggung jawab besar untuk membimbing siswa di sepanjang proses pembelajaran online. Selain itu, masih kurangnya keterampilan IT siswa yang membuat guru tidak hanya fasilitator tetapi juga pembantu atau konselor. Peran dominan guru ini akhirnya membuat siswa kurang otonom.
Recently, Covid-19 has threatened the education sector and forced learners to adjust an online learning. According to that, learners need to study in their own space and make them more independent and autonomous. However, learners tend to experience difficulties caused by their surrounding environments that sometimes does not support online learning. Surrounding environments include human activities e.g. noise in the surrounding; financial capabilities of parents for internet data plans; or other issues beyond the student's intellectual abilities. Therefore, this research aimed to explore the existed environmental factors that affected the learning environment and define the factors which affected learners’ volition. This study was applied a qualitative method and presenting the collected results descriptively. The researcher worked with one English teacher who has been voluntarily participating in this study and 36 students at the 11th grade. This study used semi-structured interview and questionnaire as the research instruments. Firstly, the researcher sent the questionnaires using Google Form for 36 students at the 11th grade of the government-owned senior high schools in Surabaya. Secondly, the researcher interviewed an English teacher to find out the class’ conditions. This study has revealed that teacher still holds huge responsibilities to guide students along the online learning process. Besides, there were still a lacks IT skills of students which make the teacher not only a facilitator but also a helper or counsellor. This dominant role of the teacher eventually made students less autonomous.