Helmy
Prayogi. 2022. Pengembangan E-Learning Berbasis Google Sites Mata Pelajaran IPS
untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Labschool Unesa 2.
Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (I) Prof.
Dr. Yatim Riyanto, M. Pd., dan (II) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M. Pd
Kata kunci : E- Learning, Google
Sites, Ilmu Pendidikan Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana perbedaan hasil belajar IPS kelas V di SD Labschool Unesa 2 sebelum dan
sesudah dikembangkan, kemudian mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan
efektivitas pengembangan E-Learning berbasis Google Sites terhadap mata pelajaran IPS
untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas V SD Labschool Unesa 2.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development
(R&D). Penelitian dilaksanakan di SD Labschool UNESA 2 dengan sample sejumlah
30 siswa dan 2 validator (ahli media dan ahli
materi).
Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar E-Learning berbasis Google Sites yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif
pada pembelajaran pengolahan data siswa kelas 5 SD. Pada aspek kevalidan dinyatakan valid didasarkan pada penilaian kedua validator dengan presentase
masing-masing
93,75% pada ahli materi dan 97,7% pada ahli
media. Presentase Kepraktisan pada kelompok kecil menunjukkan rata-rata nilai
94,0% dan 88,6% pada kelompok besar. Oleh karena itu, E-Learning
berbasis Google Sites yang telah dikembangkan bersifat sangat praktis.
Aspek keefektifan penggunaan media E-Learning terlihat dari hasil uji pre test
maupun posttest yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Hasil persentase
keefektifan pretest pada kelompok kecil menunjukkan rata-rata nilai 60% dan
hasil pretest pada kelompok besar menunjukkan rata-rata nilai 100%. Pada hasil posttest pada kelompok kecil
menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai sebesar 56,7 dan hasil posttest
pada kelompok besar menunjukkan adanya peningkatan rata-rata 100%. Selain itu dalam perhitungan tingkat
keefektifan menunjukkan presentase sebesar 83,87% pada kelas VA dan 87,5% pada
kelas VB. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa sangat efektif dan terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan
bahan ajar E-Learning berbasis Google Sites dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi siswa kelas 5 sekolah dasar.