Karakteristik Psikologis dan Pola Bina Atlet Berprestasi Tinggi
Psychological Characteristics and Development Patterns of High Achieving Athletes
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) karakteristik psikologis yang efektif digunakan atlet untuk meraih prestasi tinggi, (2) pola asuh orangtua dan pola kepemimpinan pelatih yang efektif untuk membentuk karakteristik psikologis atlet berprestasi tinggi, dan (3) model teoretik yang menggambarkan relasi struktural antara pola asuh orangtua, pola kepemimpinan pelatih, dan karakteristik psikologis atlet berprestasi tinggi.
Penelitian didesain dalam dua tahap, tahap pertama menggunakan metode literatur review dengan prosedur PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis) untuk menemukan karakteristik psikologis atlet berprestasi tinggi. Pengkajian mendalam dilakukan terhadap 24 artikel yang telah lolos seleksi berdasar kriteria yang telah ditentukan. Pada tahap kedua, dilakukan pengujian model teoretik yang menggambarkan relasi antara pola asuh orangtua, pola kepemimpinan pelatih, dan karakteristik psikologis atlet berprestasi tinggi. Subyek penelitian pada tahap ini adalah 73 atlet yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah Jawa Timur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Karakteristik Psikologis Atlet 2019 (SKPA-19), Skala Pola Asuh Orangtua 2019 (SKPO-19), dan Skala Pola Kepemimpinan Pelatih 2019 (SPKP-19) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Models-Partial Least Square) dengan bantuan program SmartPLS3.
Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat delapan karakteristik psikologis yang menunjang prestasi atlet, yaitu: konsentrasi, resilience, persisten, kepercayaan diri, kerja keras, motivasi berprestasi, kontrol emosi, dan keterbukaan. Pola asuh orangtua dan pola kepemimpinan pelatih yang efektif untuk membentuk karakteristik psikologis atlet berprestasi tinggi adalah model otoritatif. Model teoretik yang menggambarkan relasi struktural antara pola asuh orangtua, pola kepemimpinan pelatih, dan karakteristik psikologis atlet berprestasi tinggi sesuai dengan data empirik (SRMR= 0.075 < 0.08; t-value= 3,28 & 2,11 > 1,96). Pola asuh orangtua lebih dominan mempengaruhi terbentuknya karakteristik psikologis atlet (β=0,326; p=0,002) daripada pola kepemimpinan pelatih (β=0,255; p=0,035). Sehubungan dengan temuan penelitian ini disarankan agar kedelapan karakteristik psikologis tersebut dapat dijadikan rujukan dalam pembinaan atlet. Model otoritatif perlu dijadian pola pembinaan utama, baik bagi orangtua maupun pelatih, dalam rangka membentuk atlet berprestasi tinggi.
This study aims to identify (1) psychological characteristics that athletes can effectively use to achieve high achievement, (2) effective parenting styles and coach leadership patterns to shape the psychological characteristics of high achieving athletes, and (3) theoretical model that describes the relationship. between parenting styles, coach’s leadership, and psychological characteristics of high achieving athletes.
The study was designed in two stages, the first stage using the literatur review method with the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis) procedure to find the psychological characteristics of high-achieving athletes. In-depth studies were carried out on 24 articles that had passed the selection based on predetermined criteria. In the second stage, a theoretical model is tested that describes the relations between parenting styles, coach’s leadership, and psychological characteristics of high achieving athletes. The research subjects at this stage were 73 athletes who were members of the East Java regional training center. The instruments used in this study were Skala Karakteristik Psikologis Atlet 2019 (SKPA-19), Skala Pola Asuh Orangtua 2019 (SKPO-19), dan Skala Pola Kepemimpinan Pelatih 2019 (SPKP-19) which had been tested for validity and reliability. Data analysis was performed using SEM-PLS (Structural Equation Models-Partial Least Square) with the help of the SmartPLS3 program.
The results showed that there are eight psychological characteristics that support athlete's performance, namely: concentration, resilience, persistence, self-confidence, hardwork, achievement motivation, emotional control, and openness. Parenting styles and coach’s leadership that are effective for shaping the psychological characteristics of high-achieving athletes are authoritative models. The theoretical model that describes the structural relations between parenting styles, coach’s leadership, and psychological characteristics of high achieving athletes is fit with empirical data (SRMR= 0.075 <0.08; t-value= 3.28 & 2.11> 1.96). Parenting styles are more dominant in influencing the formation of psychological characteristics of athletes (β= 0.326; p= 0.002) than coach’s leadership (β= 0.255; p= 0.035). Related to the findings of this study, it is suggested that the eight psychological characteristics be used as a reference in athlete development. Authoritative model should be used as the main parenting and leadership patterns in order to form high achieving athletes